About Phenomena

PHENOMENA
Phenomena hanyalah sebuah nama yang saya pilih untuk menamai blog ini. Alasanya simpel, karena saya suka kalimat atau kata yang mengandung huruf "A". Dalam blog ini, saya memang akan mengulas apa yang masyarakat umum belum tahu, atau sedikit mengetahuinya, atau memang tahu tapi tidak memperdulikannya. Dalam blog memang tidak melulu artikel misteri, tapi juga para tokoh dan beberapa konspirasi. Cryptozoology juga masuk dalam kategori blog. Namun, blog ini juga tidak melulu membahas yang seperti itu. Karena pada dasarnya, blog ini adalah blog yang informatif dan juga inspiratif; mengulas hal yang masyarakat belum tahu atau mengetahuinya tapi tidak memperdulikannya, untuk diulas menjadi kajian yang menarik.

Dalam hal penulisan artikel, selain mencantukan sumber data, saya juga mencantumkan pendapat saya. Hal itu menunjukkan bahwa saya (penulis) bertanggung jawab atas apa yang saya tulis, dan mengerti apa yang saya tulis, dan juga untuk melengkapi dua sifat dari fakta: Fakta obyektif dan fakta subyektif.
Dalam penulisan artikel, saya tidak akan pernah menggunakan bahasa gaul, singkatan kata, dan bahasa alay. Nyamankan menulis dengan EYD.

Apa yang tidak akan saya bahas?
Tidak akan membahas satupun masalah hantu, arwah penasaran, klenik, terutama hal gaib di Indonesia.

Hal itu tidak berarti saya tidak menyukai hal yang berbau Indonesia. Tapi untuk hal-hal gaib di Indonesia? NO!

Then why?
Indonesia adalah negara yang menganut enam agama, jika ada hal gaib Indonesia yang saya bahas, maka besar kemungkinan akan ada komen atau persepsi tertentu yang etno sentris, atau terlalu mengagungkan agamanya, atau mengagungkan agamanya lalu merendahkan agama yang lain.
Jadi, saya sangat menjunjung tinggi netralitas. Hal-hal yang akan memicu perdebatan agama, tidak akan pernah ditulis di blog, karena kita hidup di negara Bhineka Tunggal Ika.


Kalau hal gaib yang luar negri?
Hmmm...No! Kalau urban legend iya.

Kalaupun saya memang membahas tentang hal gaib di Indonesia, saya hanya akan membahas dari sisi lainnya, yang bisa dilogika. Dan yakinlah, tidak akan  menyinggung atau menyebut golongan agama tertentu.
Tuhan tidak pernah meminta manusia untuk memperdebatkan eksistensiNya. Jika ada yang seperti itu, percayalah, itu hanya persepsi umatnya.


Aturan Copy-Paste
Sebenarnya saya tidak keberatan ada yang meng copy-paste. Tapi, jika ingin copy-paste, harap mencantumkan sumbernya. Saya rasa hal tersebut tidak sulit sama sekali.

Saya tidak mencopy paste tulisan. Jika ada yang menemukan bahwa tulisan saya adalah copy paste atau kemungkinan copy paste, sebenarnya tulisan itu memang saya copy paste dari tulisan saya sebelumnya yang pernah saya posting di Indonesia Mystery Forum Facebook Group.

8 komentar:

  1. Bung, sebenarnya saya bingung mau tanya (komen) ttg hal ini di mana. Di sini aja deh. Hehe. .
    Saya cuma mau nanya apakah anda memakai photoshop untuk membuat header anda ?
    Mhon djawab bung. Thx.

    BalasHapus
  2. Yap! Bener banget bro...saya pake Photoshop dengan font yang saya lupa namanya. Font kemudian di beri efek glow outer (nyala diluar)

    BalasHapus
  3. Oh ya, satu lagi. Cara mengetahui ukuran header blog gimana bung ? Mhon djawab lagi. Thx.

    BalasHapus
  4. Border (batas atau :kotak" yang membatasi banner) saya hapus. Kalau buat tahu-nya ya dikira-kira...ada yang panjangnya 400 pixel dan lebar 220 pixel..

    BalasHapus
  5. bung phenomena ada di surabaya mana n kuliah di sastra mana?
    kebetulan saya baca cahaya kuning di langit nginden, kantor saya dekat situ :)

    BalasHapus
  6. Apa cuma saya? Ato memang "about" blog ini agak mirip dengan "about" blog enigma :p

    BalasHapus

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.