Jumat, 18 Juni 2010

Kearifan Lokal dan Pembangunan Indonesia

Sebagaimana kita tahu, Indonesia terletak diantara dua samudra dan dua benua. Menjadikan negara tersebut memiliki keanekaragaman suku dan budaya.

Pembangunan di Indonesia sebenarnya sudah meningkat setiap tahunnya, namun sayangnya belum merata di setiap daerah. 
Salah satu penyelesaian yang mungkin dilakukan adalah, pembangunan dengan mengutamakan kearifan lokal dan kearifan budaya lokal. 


Apakah Kearifan Budaya Lokal itu? 

Menurut Direktur Afri-Afya, Caroline Nyamai-Kisia, kearifan lokal adalah sumber pengetahuan yang diselenggarakan dinamis, berkembang dan diteruskan oleh populasi tertentu yang terintegrasi dengan pemahaman mereka terhadap alam dan budaya sekitarnya.

Kearifan lokal adalah dasar untuk pengambilan kebijakkan pada level lokal di bidang kesehatan, pertanian, pendidikan, pengelolaan sumber daya alam dan kegiatan masyarakat pedesaan



Dalam kearifan lokal, terkandung pula kearifan budaya lokal. Kearifan budaya lokal sendiri adalah pengetahuan lokal yang sudah sedemikian menyatu dengan sistem kepercayaan, norma, dan budaya serta diekspresikan dalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama. 

Jadi, untuk melaksanakan pembangunan disuatu daerah, hendaknya pemerintah mengenal lebih dulu seperti apakah pola pikir dan apa saja yang ada pada daerah yang menjadi sasaran pembangunan tersebut. Adalah sangat membuang tenaga dan biaya jika membuat tempat wisata tanpa memberi pembinaan kepada masyarakat setempat bahwa tempat wisata tersebut adalah  "ikon" atau sumber pendapatan yang mampu mensejahterakan rakyat didaerah itu. Atau lebih sederhananya, sebuah pembangunan akan menjadi sia-sia jika pemerintah tidak mengenal kebiasaan masyarakat atau potensi yang tepat untuk pembangunan didaerah tersebut.


Dan apakah yang akan terjadi setelah itu? Pembangunan tersebut akan tidak tepat sasaran, bahkan mungkin akan menyengsarakan rakyat dan tidak membawa kemajuan berarti karena ketidak pahaman pemerintah terhadap kearifan lokal maupun kearifan budaya lokal pada daerah tersebut. Seperti halnya pertambangan emas di wilayah timur Indonesia.  Mungkin mereka membawa keuntungan bagi negara, tapi bagaimanakah tingkat kesejahteraan penduduknya? Nampaknya mereka masih ada pada garis kemiskinan yang mengakibatkan kurangnya pendidikan. 

Pembangunan yang tepat bukan berarti menghilangkan adat istiadat atau menghilangkan kekayaan budaya pada suatu daerah, tapi sebenarnya, memajukan potensi dan kekayaan yang ada pada daerah tersebut. Sebab, jika pembangunan malah menghilangkan adat istiadat, maka bisa dipastikan bahwa bangsa tersbut akan kehilangan jati dirinya.



Contoh pembangunan yang memanfaatkan kearifan lokal adalah diperbaharuinya fasilitas pada daerah penghasil garam di Madura. Fasilitas yang diperbaharui antara lain adalah jalan, listrik dan pelabuhan. Tidak hanya itu, Sumber Daya Manusianya juga semakin diperbaharui dengan peningkatan mutu keterampilan pada sekolah-sekolah.

Dengan begitu, tidak hanya berdampak positif didaerah Madura saja, negara ini juga tidak perlu mendatangkan garam dari luar negeri. bahkan mungkin, suatu saat garam di Madura mampu menjadi salah satu daerah penghasil garam andalan se ASEAN atau bahkan sedunia. Hal yang cukup bijak untuk menghemat pengeluaran dan meningkatkan mutu dalam negeri. Salam!














Sumber :
NGO Alliance for Health
Peranan Pengetahuan Ekologi Lokal dalam Sistem Agroforestri












6 komentar:

  1. Bang nih Artikel sudah saya masukkin ke Lintas Berita

    BalasHapus
  2. nah...
    bagaimana dengan maraknya pembangunan mall dan gedung gedung tinggi di indonesia.?
    apa ada kearifan lokal.??

    BalasHapus
  3. Saya rasa tidak ada. Karena manfaat yang ditimbulkan hanyalah akan membentuk hegemoni semata. Kearifan lokal ada pada daerah yang memiliki adat istiadat, budaya asli, maupun karakteristik asli suatu penduduk pada daerah tertentu. Mall adalah bentuk modernisasi.

    BalasHapus
  4. yuhuuuuu..HAAW uda dimulai lho, sebagai nominasi, ayo promosiin blog kamu, jangan lupa pasang link ke blogku yang crypto yah
    with love, harits

    BalasHapus
  5. TYrips here!!!

    kayaknya Phenomena harus didukung untuk menjadi presiden Indonesia selanjutnya..,
    Trus soal :
    "Pembangunan di Indonesia sebenarnya sudah meningkat setiap tahunnya, namun sayangnya belum merata di setiap daerah."
    Sangat setuju dengan hal ini sebagai salah satu kendala Indonesia blum dicap sebagai negara maju..,
    Kayaknya jargon negara ini yaitu "bhinneka tunggal ika" gak digunakan dalam pembangunan kita..,

    akhir kata : keren tulisannya, TYrips doain Pak SBY bisa ngebaca tulisan ini..,

    BalasHapus
  6. pokok e akur.

    BalasHapus

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.