Senin, 23 Agustus 2010

Apakah Benar ditemukan Plesiosaurus di Rusia?

Berita ini mungkin bukanlah hal baru dikalangan pengamat cryptozoology. Sebuah bangkai dari makhluk aneh yang tidak diketahui identitasnya ditemukan di Rusia, tepatnya di pantai Sakhalin.




Sayangnya, saya tidak mengetahui kapan pastinya makhluk ini ditemukan. Mungkin sudah ada tanggalnya, tapi barangkali saya yang kurang teliti. Tapi jika kita melihat komen pertama dari artikel di englishrussia.com, maka besar kemungkinan makhluk ini ditemukan dan difoto pada sekitar tahun 2006.

Makhluk ini ditemukan oleh seorang tentara Russia. Mengenai tempat ditemukannya bangkai tersebut, Sakhalin merupakan bagian paling Timur dari Russia, dekat dengan Jepang (orang Jepang menyebutnya dengan Karafuto), dan disebalah utara dari laut Filipina. 


Kembali mengenai bangkai makhluk diatas, sumber menyebutkan bahwa makhluk tersebut bukanlah ikan, karena dilihat dari bentuk tulang dan giginya.

Perhatikan giginya (1)

 Perhatikan giginya (2)

 Bandingkan dengan beberapa rahang hiu

 Rahang Ikan Megamouth

Gigi Hiu Putih

Web cryptoloogy Cryptomundo.com menyimpulkan bahwa makhluk tersebut, daripada mirip ikan, lebih condong kepada bentuk buaya. 

Nah, sekarang kita lihat kerangka dan tulang kepala buaya.

Buaya dan kulitnya

Kepala Buaya

Bandingkan dengan kepala bangkai hewan misterius ini



Saya pribadi kurang "merasa" yakin kalau bangkai tersebut adalah bangkai buaya. Karena menurut peta persebaran buaya, baik yang buaya akuatik maupun buaya darat (tidak ada hubungannya dengan lagu maupun istilah lelaki ya), bahwa tidak ada buaya di kawasan Rusia. Berikut adalah peta persebaran buaya di dunia


Tapi, kalau "buaya" yang lain, memang ada di Rusia. Tidak percaya? Baiklah akan saya perkenalkan "buaya" Rusia. Memperkenalkan, Mi-24 Choper, The Flying Russian Crocodile!


Masalahnya adalah, anak TK pun tahu kalau bangkai di Shakalin adalah bukan bangkai helikopter!

Jika bukan bangkai ikan, buaya, terlebih lagi bangkai helikopter, lantas makhluk apakah itu?

Ada dua kemungkinan terbesar mengenai siapa gerangan makhluk malang yang tewas tersebut.

A. Plesiosaurus
Ada yang mengkaitkan makhluk tersebut dengan plesiosaurus. Nah, jika kita bernostalgia sedikit, ada sebuah foto yang memperlihatkan sosok yang "diduga" adalah bangkai plesiosaurus, dan sosok itu ditemukan di perairan Jepang, yang ditangkap oleh Zuiyo-maru pada tanggal 25 April 1977.

Ingat, Sakhalin dekat sekali dengan Jepang

Masalahnya ialah, apakah benar bangkai yang ditangkap ole Zuiyo-maru adalah "asli" Plesiosaurus?

Plesiosaurs Jepang sebenarnya adalah Basking Shark?

Sebuah penjelasan lain mengenai bangkai makhluk yang diduga adalah Plesiosaurus dari Jepang 1977 memberikan "pandangan baru" tentang apa sebenarnya makhluk itu. Sekarang kita bandingkan mengenai bangkai Plesiosaurus Jepang dengan Basking Shark. Berikut adalah foto yang saya dapat dari Forgetomori.com.


Dan untuk penjelasannya, Anda bisa membacanya di sini


Kalau Plesiosaurus Jepang sudah terpecahkan, berarti ada baiknya kita bandingkan dengan Plesiosaurus yang asli.

Plesiosaurus (asli)
Dari wikipedia, disebutkan Plesiosaurus adalah sebagai berikut : 
  • Hewan karnivora akuatik
  • Reptil
  • Dibagi kedalam tiga jenis: Berleher panjang (elasmosaurus), bentuk leher pendek (polycotylid form) dan takson terbanyak yang meliputi pliosaurus
  • Dibagi kedalam dua jenis menurut oceanofkansas.com : berleher panjang (elasmosaurus) dan berleher pendek (pliosaurids)

Nah, mari kita batasi penyeledikian kita dengan melihat bentuk kerangka bangkai Sakhalin untuk menentukan Plesiosaurs yang manakah dia:


Dilihat dari bentuk kerangkanya, jelas sekali kalau dia Plesiosaurs yang berleher pendek atau termasuk yang kedalam jenis Pliosaurid (andaikan ia memang Plesiosaurus). Tapi jika ada pembaca yang penasaran dengan sepanjang apa sih leher Plesiosaurus berleher panjang, akan saya sertakan fotonya. Tapi bukan dari foto box ya, yang jelas dari wikipedia.

Kerangka menakjubkan ini adalah milik Futabasaurus, salah satu jenis Plesiosaurus yang berleher panjang.

Ini bukan Futaba, tapi Fukuda yang kadang dipakai untuk mengangkut elpiji 3kg. Terkadang nama Jepang sulit dibedakan dan diingat.


Berikut adalah kerangka dari beberapa jenis plesiosaurus yang berleher pendek :
  • Dolichorhynchops



Bandingkan dengan kerangka bangkai Sakhalin

 
Tulang belakangnya terlihat lebih panjang
  • Trinacromerum
Perhatikan bentuk kepala dan susunan gigi

Perhatikan pula perbandingannya dengan ukuran tubuh manusia


Bandingkan dengan kerangka bangkai Sakhalin

Perhatikan susunan giginya. Sepertinya tidak sebanyak Trinacromerum

Perhatikan perbandingan ukurannya dengan orang dewasa! Jelas lebih panjang daripada Trinacromerum. Demikian juga perbandingan tulang belakangnya. Jelas berbeda dengan Trinacromerum

Hampir semua Plesiosaurs memiliki susunan gigi dalam jumlah banyak, seperti halnya reptil, terlebih seperti halnya buaya.



 Gigi Plesiosaurus, Kronosaurus

Di samping itu, hampir sebagian reptil air seperti Pliosaurid ditemukan di Inggris, Meksiko, Amerika Selatan, Australia dan wilayah Artic dekat Norway.

Nah, sekarang kita menuju kemungkinan terbesar kedua. Jika pembaca melihat profil bangkai Sakharlin, maka akan terlintas di benak kita bahwa makhluk itu sejatinya berwujud menakutkan. Namun, setelah menyimak kemungkinan kedua dari wujud asli bangkai Sakhalin, Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk beranggapan bahwa wujud aslinya se-menyeramkan bangkainya. Inilah kemungkinan terbesar kedua dari bangkai Sakharin!

B. Paus Beluga


Dari sekian jenis paus, mungkin Narwhal dan Beluga inilah yang jarang kita lihat bentuknya. Memperkenalkan, salah satu paus yang paling lucu dan bermuka paling innocent!


Paus Beluga dikenal pula dengan sebutan Paus Putih. Mamalia air ini dijuluki pula sebagai (burung) Kenari Laut (sea canary), karena memiliki pitch "kicauan" yang tinggi.

Lihat, dia bersahabat dengan manusia!


 
Beluga pun narsis?

Bahkan ia "tersenyum" ketika ia diberi makan


Kelucuan tadi akan sirna setelah melihat bangkai dibawah ini

Benarkah bangkai Sakharin memang bangkai paus Beluga?


Ide mengenai bahwa bangkai Sakhalin adalah bangkai Beluga berasal dari komentator di web Cryptomundo. Beluga dewasa mampu memiliki panjang 5.5 meter untuk pejantan, sedangkan sekitar 4.1 meter untuk betina. Ukurannya memang lebih besar dari kebanyakan lumba-lumba. 


Nah, mari kita lihat seperti apakah kerangka Beluga!




Bandingkan dengan yang ini:

Tengkorak Beluga

Bangkai Sakhalin

Terlihat banyak kemiripan...


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Beluga mempunyai panjang kurang lebih 5.5 meter. Jika benar demikian, maka panjangnya akan kurang lebih sama dengan panjang bangkai Sakhalin.



Lalu bagaimanakah dengan habitat Paus Beluga?
Rupanya paus ini pun juga tersebar di daerah sekitar Rusia, bahkan disekitar Sakhalin. Pada peta persebarannya dari wikipedia, kita bisa melihat di daerah mana saja penyebaran Beluga



Jadi apakah misteri Plesiosaurs Rusia telah terpecahkan?
Kalau menurut saya pribadi, semula saya memang melihatnya sebagai bangkai Plesiosaurus, tapi saya pribadi sekarang menyakini kalau bangkai itu bangkai Paus Beluga setelah saya melihat banyak ketidak samaan bangkai Sakhalin dengan Plesiosaurus, dan sebaliknya, saya melihat banyak kesamaan antara tengkorak Beluga dengan tengkorak bangkai Sakhalin. Dan menurut saya pribadi, memang sudah terpecahkan.


Jika benar itu adalah Beluga, lantas apakah yang membuat dia mati lalu terdampar?


Ada tiga kemungkinan, ia dimakan Beruang Kutub, dimakan paus Orca, dan terkena infeksi bakteri.


Jelas tidak mungkin kalau ia dijadikan lauk makanan penjual nasi sambal tempe penyet!


Semoga bangkai Sakhalin yang malang bisa beristirahat dengan tenang....

sumber: Crytomundo, Englishrussia.com, wikipedia Plesiosaur, wikipedia Beluga, Forgetomori-Sea Monster or Shark

Foto warung tempe penyet : Yoursmagz web blog

25 komentar:

  1. Saya sangat setuju sekali, Tengkorak dan ruas tulang belakang sangat mirip.

    BalasHapus
  2. bagus banget ulasannya,, nice post

    BalasHapus
  3. Waah saya setuju........tapi ngeiat beluga yg lucu jadi nangis...haha ya...strikturnya mirip badannya apalagi tetapi rasana kepala sakhalin lebih lebar sedangkan beluga terlihat lebih pipih......juga kepala beluga seperti lebih panjang dibanding sakhalin....bagaimana??

    BalasHapus
  4. Oh sebanrnya itu karena tengkorak sakhalin lebih dilihat agak jauh...sebeanrnya ada foto Beluga dewasa, tapi tidak saya pasang karena tidak keren..hehe

    BalasHapus
  5. Paus beluganya lucu banget... ^^

    BalasHapus
  6. huaa.....beluganya terlalu lucuuu............

    BalasHapus
  7. Sangat jelas,bangkai tersebut adalah paus beluga,nice post bro...

    BalasHapus
  8. Setuju,..itu Paus Beluga...top markotop bro,..tulisan ini dikirim aja ke inbox englishrussia atau cryptomundo untk bahan ref mereka.

    Tar kalo dapat fee kita makan makan di pecel lele diatas,.hehehehe

    BalasHapus
  9. Setuju. Itu paus beluga. Semuanya kayaknya sepakat. Jadi, kali ini sepertinya tidak ada perdebatan ya (seperti waktu andika posting soal wajah machu Pichu). Hehe.

    BalasHapus
  10. Hahaha... ada-ada saja, sir...

    BalasHapus
  11. HAHAHAHAHA...........

    Tapi Postingan saya yang Gajah Mina semua pada setuju :D

    BalasHapus
  12. Pertama sekali, saya akan mencatumkan link tulisan ini ke topik saya tanggal 14 januari 2010 tentang hal yang sama,.thx brader...hehehehe

    BalasHapus
  13. Dalam Englishrussia debate,..sepertinya Robert lah yang benar, sbb ia juga menyebutkan hewn ini adalah "decomposed beluga"...saya mencantumkan link tulisan ini di artikel aslinya untuk perbandingan argumen mereka (589 komen!)

    BalasHapus
  14. Andika Hermawan24 Agustus 2010 23.18

    Soal makan Nasi Sambal Tempe Penyet itu gak jadi ya???

    BalasHapus
  15. To Mr. Kraken :
    Thanks, Mr Kraken!

    To Andika Hermawan :
    Ayo, datanglah dirimu di seuabaya! hehe

    BalasHapus
  16. Mr Phenom .. . itu bangkai Shakalin nya berbulu Loh .. .

    Paus Beluga kan enga ...

    BalasHapus
  17. To anonim :
    Maaf baru sempat balas karena seharian saya sibuk... Nah, semula saya memang dibingungkan oleh "bulu" pada keterangan gambar tersebut di web aslinya.. Dan saya pun sempat mengira itu adalah beruang : karena beruang bisa berenang dan bangkai sakhalin dikatakan memiliki bulu... masalahnya, ketika saya cocokan dengan kerangka beruang, ternyata beda banget bentuknya.. dugaan yang paling kuat adalah bangkai paus... dan menurut saya pribadi adalah paus beluga (setelah saya melihat komen di Cryotimundo)..lantas bagaimanakah soal sesuatu yang dikatakan bulu tersebt? saya memang tidak punya jawaban pasti... Hanya saja, tengkorak beluga dan bangkai sakhalin itu begitu mirip.. mungkin sesuatu yng seperti bulu tersebut adalah lumut atau mungkin proses pembusukkan (CMIIW).. salah satu web yang saya dapat juga menyebutkan kalau makhluk itu memang Beluga yang membusuk : http://scienceblogs.com/tetrapodzoology/2007/02/a_3m_tooth_that_can_bend_30_cm.php

    Itulah yang terbaik yang bisa saya dapat untuk menjawab pertanyaan Anda :)

    BalasHapus
  18. iya LuCyu bgt pausx,
    mw dunk weat pliharaan.he.he...

    BalasHapus
  19. sapa juga bilang itu bangke tikus hohoho,,, bangke ea bangke

    BalasHapus
  20. @Anonim
    Memang adakah yang menyebutkan bangkai tikus?

    BalasHapus
  21. bkan bangke tikus itu bangke kucing

    BalasHapus
  22. lucu banget beluganyaaa >_<

    BalasHapus
  23. Lumayan dapat blog yang begitu bermanfaat, membuat penasaran dari awal sampai akhir. .

    BalasHapus

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.