Saturday 9 April 2011

Benarkah Video Mobil Hantu Georgia Sudah Terpecahkan?

Bertahun-tahun yang lalu ketika saya masih duduk di bangku SMP, ada sebuah cerita hantu yang membuat saya sangat penasaran. Menurut cerita, disebuah kota yang tidak bisa saya sebutkan namanya, ada beberapa pekerja kantor yang tengah menumpang pada mobil milik temannya. Di tengah perjalanan para penumpang itu, mereka dikejutkan dengan sebuah mobil yang turut melaju didekat mereka. Mereka terkejut bukan tanpa alasan, sebab mobil itu berjalan sendiri tanpa ada seorang pun yang mengemudikannya dan bukan karena meluncur akibat rem yang blong atau dalam posisi netral.

Di Savannah, Georgia, peristiwa "mobil hantu" tersebut juga pernah terjadi. Hanya saja peristiwa tersebut sedikit berbeda dari cerita diatas. Mobil tersebut ada pengemudinya. Tapi, seorang polisi yang mengejar mobil tersebut dibuat terheran-heran dengan apa yang dialaminya. Sebab mobil itu mampu menembus pagar!


Cerita bermula dari rekaman seorang polisi setempat yang bernama Wayne Daniels. Seperti mobil polisi pada umumnya, mobil milik Wayne Daniels pun dilengkapi kamera yang diletakkan disisi dalam mobil dan dekat pengemudi. Dalam rekaman itu diperlihatkan Wayne Daniels mengemudikan mobilnya dan tengah bersusah payah mengejar sebuah mobil yang berlari sangat ugal-ugalan disebuah malam. Saya katakan ugal-ugalan disini bukan tanpa alasan, Wayne berkata bahwa mobil itu mampu melaju cepat, dan ketika ia berputar balik, mobil itu bisa melaju kedepan dengan sangat cepat dan dia dibuat bingung karenannya.  Wayne lantas melajutkan pengejaran dan dengan usaha kerasnya, ia akhirnya mampu mendekati mobil itu hingga hampir sangat dekat. Tapi lagi-lagi mobil itu berperilaku gila. Mobil itu bergerak zig-zag dan tak beraturan. Dan akhirnya, si pengemudi mobil itu berbelok tajam ke bahu kiri jalan. Wayne pun masih mengikuti pergerakan mobil itu. Hingga akhirnya, pengejaran mobil itu terhenti tatkala di depan Wayne berdiri pagar kawat yang menghalanginya sedangkan mobil gila itu masih terus melaju menembus pagar kawat tersebut.

Bagaimana bisa?

Itulah yang membuat sebuah acara yang bernama Fact or Faked: Paranormal Files tertarik untuk menganalisa lebih lanjut mengenai "kemungkinan-kemungkinan" yang mampu membuat mobil tersebut "menembus pagar".  Beruntung saya melihat langsung acara tersebut di channel SYFY yang saya lihat di suatu tempat pada tanggal 8 April 2011 atau tepatnya pada hari Kamis. Perlu diketahui, kemungkinan acara tersebut merupakan tayangan ulang, sebab acara tersebut sudah di upload di Youtube pada tanggal 6 Juli 2010. 

 Ben tengah menunjukkan kasus Ghost Car Georgia pada rekan-rekan Fact or Faked: Paranormal Files

Nah, bagi Anda yang sudah penasaran seperti apakah video mobil hantu tersebut, Anda bisa melihatnya di sini.   

Fact or Faked: Paranormal Files akhirnya membagi anggota mereka kedalam dua kasus yang akan ditangani. Satu tim menuju TKP mobil hantu dan mencari narasumbernya, satu tim lagi pergi menuju TKP dimana kasus Penampakkan UFO di Arizona terekam. Anda bisa melihat cuplikan acara tersebut di sini. 

Tim yang bertugas menganalisa peristiwa mobil hantu terdiri dari Ben Hansen (agen FBI), Jael De Pardo(seorang jurnalis) dan beberapa orang lainnya yang saya lupa namanya. Bahkan saya sendiri pun tidak masuk dalam daftar mereka (kebiasaan coment nggak penting).


  Ben Hansen


 
Jael De Pardo

Ben dan kawan-kawan pergi menuju ke tempat kejadian perkara yang terletak di Savannah, Georgia siang harinya. Disana mereka menemui Wayne Daniels, seorang polisi yang mengejar mobil hantu tersebut atau dengan kata lain satu-satunya saksi kunci dari kasus yang membuat siapapun yang menyimak videonya akan terheran-heran dibuatnya. Setelah mendengarkan kesaksian Wayne, mereka pergi menelurusri jalanan yang tempat kejadian perkara. Hingga sampailah mereka di tempat paling akhir dari kasus tersebut. Sederetan pagar yang terbuat dari kawat membentang membatasi antara tempat mereka berdiri dan tempat dimana mobil hantu itu terakhir terlihat. 

Pada malam harinya, Ben dan kru lainnya melakukan olah TKP. Mereka ingin membuktikan kemungkinan-kemungkinan logis yang mereka pikirkan untuk menjelaskan peristiwa mobil hantu tersebut. Dengan peralatan speedgun terbaru, kamera yang tersebar di sepanjang rute jalanan TKP, serta sebuah mobil pengejar dan sebuah mobil yang dikemudikan oleh stuntman profesional yang bernama Michael Shortt, mereka melakukan uji analisa untuk mencari sebuah penjelasan pasti. Berikut adalah tiga ujicoba yang mereka lakukan :

Percobaan Pertama
Simulasi pengejaran dilakukan. Dua mobil yang dianggap sebagai pengejar dan mobil hantu, berjalan dengan sangat kencang. Di tengah jalan, stuntman yang mengemudikan "mobil hantu" berhasil meniru adegan dimana mobil hantu tersebut melakukan "U Turn" atau putar balik dan melaju sangat kencang. Di akhir percobaan, Ben dan kru menyiapkan sebuah gundukan tinggi di depan pagar. Mereka berpikir bahwa mungkin saja mobil itu melompat melalui gundukkan sehingga mampu menyeberangi pagar kawat. Kecepatan mobil hantu yang diingat Wayne saat itu adalah sekitar 65 mil perjam, dan stuntman pun melaju pada kecepatan yang sama. Mobil stuntman melewati gundukan dan terbang hingga melintasi pagar. Mobil pun mendarat dengan sukses! 

Apakah berhasil membuktikan bahwa gundukan adalah biang keladi dari menembusnya mobil pada pagar?

Ternyata tidak. Karena seingat Wayne, tidak ada gundukan sebesar itu waktu ia melihat mobil hantu terakhir kali. Pernyataan stuntman pun semakin memperkuat bahwa mobil menembus pagar bukan karena gundukkan. Jika si pengemudi tidak pakai pengaman seperti yang stuntman pakai, ia pasti akan terluka, menurut stuntman tersebut. 





Percobaan Kedua
Jika Anda melewati sebuah tirai, maka Anda akan mendapati bahwa tirai akan pada kembali pada posisi semua sebelum Anda melewatinya. Demikianlah gambaran singkat mengenai konsep perocbaan kedua mobil hantu tersebut.  Mereka berpikir bahwa mungkin saja kuncian pagar kawat tersebut kurang kuat. Sehingga mobil bisa melewatinya, seperti orang yang melewati tirai. Bagian tirai akan terangkat, dan kembali pada posisi semula.

Jika ada yang bingung dengan konsep percobaan kedua, akan saya  tunjukkan apa itu pagar kawat yang saya maksud atau yang bernama asli chain gate.





Pagar kawat memiliki kuncian untuk mengikat ruas demi ruas supaya pagar kawat membentang lebih panjang. Dan kunciannya terletak pada tiang-tiang yang berdiri vertikal. 

Dan beginilah kira-kira penggambaran Percobaan Kedua. 



Tapi....

Percobaan Kedua pun gagal, karena pagar kawat tersebut ambruk akibat dihantam mobil. Silahkan lihat videp Percobaan Pertama dan Kedua disini


  

 Dan dilakukanlah percobaan yang ketiga kalinya.



Percobaan Ketiga
Tidak ada perbedaan yang mencolok pada percobaan yang ketiga. Hanya saja, tadi saya sudah katakan bahwa kuncian pagar kawat terletak pada tiang horizontal, nah kunciannya itu dinaikkan sedikit lebih tinggi. Dan hasilnya sungguh mengejutkan! Percobaan tersebut sukses membuat mobil "menembus pagar" dan pagar kawat terangkat seperti tirai lalu kembali seperti semula tanpa membuat pagar jatuh! SIlahkan lihat videonya di sini

Demikianlah, akhirnya kita memperoleh penjelasan paling mendekati logis tentang peristiwa Ghost Car  di Savannah, Georgia. Tim Fact or Faked: Paranormal Files sudah bekerja keras untuk mencari jawaban yang paling memungkinkan. Hebat bukan! Kita harus salut terhadap usaha mereka untuk menjelaskan semua itu.

Tapi apakah sudah sampai disitu saja tulisan saya ini berakhir?

Jika tadi saya mengajak Anda untuk menyimak penjelasan logis dari Fact or Faked, kini saya akan mengajak pembaca untuk menyelami betapa kritisnya orang-orang diluar Fact of Faked!

Orang-orang diluar Fact or Faked yang saya maksud adalah mereka-mereka yang merupakan pemerhati dunia misteri yang ada dibelahan dunia.

Seperti yang saya katakan sejak awal-awal tadi, siapapun yang melihat video Ghost Car Savannah pasti akan dibuat terheran-heran.  Sebuah forum web yang bernama Unexplained Mystery, membahas lebih dalam mengenai hal itu. Bahkan diantara para komentatornya ada yang mengatakan bahwa tim Fact or Faked tidak teliti melihat keanehan pada rekaman pada mobil polisi tersebut. Dimakanah keanehannya?

Dibawah ini adalah potongan-potongan klip yang saya buat untuk memudahkan pembaca membayangkan apa yang terjadi, sekaligus memudahkan pembaca memahami apa yang para komentator Unexplained Mystery. Here we go! 

 Adegan awal-awal ketika Wayne Daniels mengejar mobil hantu (bewarna putih)


 Disinilah kita bisa melihat seseorang tengah berada di balik kemudi mobil hantu


 Ini adalah adegan dimana setelah mobil hantu berputar balik, ia mampu melaju dengan sangat cepat. Komentator di video berkata "Supranatural Speed". Lot of laught.


 Pada bagian ini, kita bisa melihat sebelum menembus pagar, mobil membanting arah ke bahu kiri jalan hingga Wayne Daniels kehilangan dia untuk beberapa saat. 

Ini adalah detik-detik ketika mobil menembus pagar.  


 Nah, ini adalah detik-detik ketika Wayne Daniels terkejut bukan main. Ada sebuah pagar yang membentang dan menghalanginya mengejar mobil. Disinilah para penonton akan dibuat takjub. Tapi, gambar dibawah ini akan membuktikan hal lainnya. 


 Ya, inilah yang luput dari Fact or Faked! Di sebelah kanan jelas terlihat bahwa tidak ada kawat-kawat yang melekat pada batas antara pagar yang satu dengan yang lain. Dengan kata lain, area pagar kanan jelas tidak ada halangan kawat-kawat. 

Jadi, dengan kata lain, menurut para komentator kritis Unexplained Mystery, Fact or Faked tidak teliti dan tidak menonton video pengejaran mobil hantu itu sampai selesai. Dari kesimpulan mereka, mobil hantu yang telah membanting stir ke kiri jalan lantas melewati ruas kanan yang tidak berkawat. Lalu ia membanting kemudi lagi ke kiri hingga ia berada di belakang pagar kawat yang berada disisi kanan. Wayne Daniels yang beberapa saat kehilangan pandangan dari mobil hantu tersebut seolah-olah merasa bahwa mobil yang dikejarnya itu menembus pagar. 

Tapi jika kita lihat potongan klip di atas, kita akan mendapati ada sebuah tiang vertikal yang berdiri diantara ruas yang kosong. Pertanyaannya adalah, jika memang tidak ada kawat-kawat, apakah mobil tersebut muat memasuki celah sempit tersebut? Atau tiang tersebut tertabrak mobil sehingga naik ke atas dan kembali turun kebawah seperti teori percobaan kedua dan ketiga? 

Well, apapun caranya serta seperti apapun kemungkinannya, saya berkeyakinan seratus persen bahwa mobil itu bukanlah mobil hantu. Sang pengemudinya sedang beruntung menemukan celah untuk kabur. 

sumber : Unexplained Mystery, SYFY Channel.    

6 comments:

  1. =,="
    hantuuu..
    nyimak dulu ya bro

    ReplyDelete
  2. ada yang nyupirnya gak sih..apa mobil jalan sendiri..

    ReplyDelete
  3. q dah liat videonya..maaf..knp pd kalimat terakhir anda mnyatakan 100% bukan mobil hantu? klo ya hrus ada buktinya donk,,hehe..ya setidknya dr pndpt anda sndiri..

    ReplyDelete
  4. Karena ada dua hal : 1. Merujuk pada pagar kawat yang bisa diterobos dari depan, dan 2. karena ditemukan celah kosong di pagar berikutnya. Menurut saya, ada fase sudut mati ketika Pak polisi tersebut sedikit berhenti pada saat mobil tersangka tiba-tiba menikung kekiri. Jadi ada jeda waktu untuk kabur...Jadi itu alasan saya menganggap hal ini bukan gaib.

    ReplyDelete
  5. saya setuju ama mas Phenomena,kalo tuh mobil hantu kok malah takut di kejar2 polisi,seharusnya sebaliknya
    pagar yg tidak ada kawatnya pasti luput dari perhatian polisinya,soalnya malem hari,uda dapat dipastiin tuh mobil yg ugal2an org "AS" (Anak Setempat) jd tau dia ada lokasi buat potong jalan.

    ReplyDelete
  6. Keren gue suka cara lu membuat artikel ini hampir sma seperti detektif,so cool....

    ReplyDelete

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.