Wednesday, 26 May 2010

Kontroversi Penampakkan UFO dan Alien-Apakah Mereka Memang Makhluk Luar Angkasa? (Bagian 2)

"Sesungguhnya kemampuan dan kekuatan terhebat dari manusia ada pada dirinya sendiri"
 
Pada postingan saya yang pertama, saya menjelaskan bahwa UFO (dalam bahasan disini adalah Piring Terbang) sebenarnya dapat dibuat oleh manusia. Dan kenapa banyak yang beranggapan bahwa teknologi Piring Terbang diluar kemampuan manusia?


Jawabanya adalah, karena pikiran kita sejak lama sudah disetting bahwa manusia tidak mungkin membuatnya
Baik, di postingan ini, saya akan memperkenalkan dulu kepada pembaca tentang apa yang kita anggap selama ini tidak mungkin, ternyata dapat menjadi mungkin. Mari, saya kenalkan Anda pada seseorang!


Apakah Anda mengenalnya? Saya kira Anda akan lebih mengenal yang satu ini.

Ya, dua orang tersebut adalah Beethoven dari masa mudanya hingga masa tuanya. Lalu, apa yang menarik dari seorang Beethoven? Tentu bukan rahasia lagi kalau karya-karyanya sungguh menakjubkan. Dan semua itu diraihnya dengan gemilang dengan telinga yang tuli. Indera yang sangat penting bagi seorang pencipta lagu.

Nah, mari kita kembal pada pokok bahasan kita. Sejak dulu, kita selalu beranggapan kalau di balik UFO, adalah makhluk supercerdas yang kita kenal dengan sebutan Alien. Mari kita berkenalan dengan Alien!


Narsis sekali bukan? Yang ini lebih narsis lagi!


Jadi, makhluk inilah yang selalu dianggap sebagai dalang dibalik UFO. Seperti halnya UFO, mereka selalu dikaitkan dengan luar angkasa. Lalu yang menjadi pertanyaanya adalah, Apakah yang mereka lakukan di Bumi ini jika memang mereka datang dari luar angkasa?

Penculikan oleh Mahluk Luar Angkasa

Beberapa orang ada yang pernah mengaku di culik oleh Alien. Dari yang saya dapat dari wikipedia penculikan manusia oleh UFO dan Alien sudah banyak dicatat dalam tulisan, literatur, hingga film dokumenter. Nah, harap diingat yang dicetak tebal.
Para saksi mengaku diculik lalu tubuhnya ditelilti. Bahkan, ketika saya membaca sebuah tulisan tentang penculikkan Alien disebuah buku yang mendokumentasikan UFO di perpusatakaan dikota saya, ada yang mengaku sampai diajak (maaf) berhubungan seks. Setelah diteliti, para korban lalu dibawa pulang di suatu tempat dengan kondisi ingatan yang samar-samar. Terkadang juga ditemukan luka di beberapa bagian tubuh korban yang korban sendiri juga tidak terlalu ingat kenapa bisa ada luka di tubuhnhya. Di wikipedia disebutkan juga bahwa terkadang korban dari penculikkan Alien tersebut menjadi insomnia, depresi, gangguan ingatan. Rata-rata penculikkan terjadi pada malam hari. Dan uniknya, bebera pendapat mengatakan bahwa korban sebetulnya diajak ke dimensi lain. Karena ada suatu kasus dimana korban diculik pada pukul sembilan malam dan dikembalikkan pada pukul sembilan malam pada hari yang sama, padahal korban mengaku diculik berjam-jam. Lalu timbulah pertanyaan: Seperti apakah wujud makhluk luar angkasa tersebut yang telah menculik mereka?

 

 Mereka menyebutnya Greys. Makhluk ini digambarkan sebagai makhluk dengan tinggi empat kaki. Bentuk kepala seperti lampu pijar, wajah didominasi oleh mata yang besar, dan mungkin lebih besar daripada yang digambarkan oleh wikipedia, tidak mempunyai kelopak mata, warna tubuhnya abu-abu walupun terkadang bewarna biru kelabu, hijau kelabu, berkepala botak, berlengan kurus, memiliki persendian yang aneh, kaki pendek, berleher kurus dan terkadang memiliki hanya tiba buah jari. 
Beberapa saksi mata juga mengatakan bahwa Greys memakai seragam ketat, terkadang bertelanjang saja, dan jenis kelaimnnya tidak dapat ditentukan. 







Nah, jadi kita sudah tahu seperti apa penggambaran wujud dari "teman kita dari luar angkasa" ini. Selanjutnya, saya akan ajak anda mempelajari ilmu takson atau pengklasifikasian makhluk hidup. Lho apa hubungannya? Lets check it out!
Ketika saya SMA, guru Biologi saya pernah mengatakan bahwa setiap persamaan akan ada perbedaan, dan setiap perbedaan pasti ada persamaan. Kata itulah yang menjadi kunci dari setiap pengklasifikasian makhluk hidup. Dalam wikipedia, diterangkan bahwa hampir setiap makhluk hidup bisa diklasifikasikan. Adalah Carolus Linnaeus yang memperkenalkan sistem pengklasifikasian makhluk hidup. Nah, jika Alien adalah makhluk hidup, pasti dia bisa diklasifikasikan. Nah seperti apakah hasilnya? Sekarang saya ingin ajak Anda untuk mengingat sebuah merk pakaian yang sempat tenar pada era 97an. Alien Workshop.
 
Nah, apa yang bisa kita dapatkan dari merk pakaian ini? Adalah logo Alien nya yang hampir mirip dengan penggambaran Greys pada umumnya. 

"Oh, jadi penulis mengakit-kaitkan hal ini dengan sebuah branded pakaian?"

"No! Saya hanya mengambil penjelasan, betapa perwujudan Alien hampir semuanya seperti Greys. Sama jika Anda berpikir, kenapa logo ice cream rata-rata berupa cone ice cream. "

Dan hampir semua film, baik itu sains fiksi (kecuali Alien dalam Alien VS Predator) memiliki penggambaran Alien yang seperti Greys Alien. Kita lihat saja film The Sign. Bahkan, hampir semua orang jika menyebutkan atau membayangkan Alien, pasti mengarah pada Greys.

Jadi kaitannya dengan Klasifikasi Makhluk Hidup adalah:
Hampir semua perwujudan Alien memiliki penggambaran wujud yang hampir sama di seluruh dunia.


Apakah masih bingung antara kaitan Alien dengan ilmu takson? Baik, berikut adalah contoh mudahnya!
Ini adalah hewan-hewan di Afrika, ada singa, cheetah, burung, kera, gajah, dan lain sebagainya. Nah, apa yang kita simpulkan dari sini adalah, mereka beragam jenis, dan dari mereka dapat disimpulkan bahwa beragam jenis hewan itu bisa dimasukkan kedalam grup Mamalia, Primata, Aves dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimana dengan Alien? Alien yang selalu kita dengar dan kita kenal selalu memiliki ciri seperti telah saya sebutkan diatas (Greys). Kalaupun berbeda, pasti hanya berbeda sedikit, mungkin kulitnya hijau kelabu atau biru kelabu, dan kadang mereka memakai seragam perak. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa Alien dari satu bangsa saja. Dan satu bangsa berarti dari wilayah, tak juga berkaitan dengan luas wilayahnya. Sepertinya, sangat bertentangan sekali dengan pemikiran bahwa kita tidak sendiri di alam semesta.  Kenapa Alien tidak berbentuk seperti ini?
Masa' teknologi NASA atau pemikiran para ilmuwan terkenal atau saintis kenamaan kalah oleh seorang Akira Toriyama? Tahukah kalian siapa Akira Toriyama? Dia adalah penulis komik terkenal, Dragon Ball. 

Lalu apa hubungannya Dragon Ball dengan Alien?

Baik, mari kita masuk ke dunia Dragon Ball. Manusia Bumi, dalam komik Dragon Ball digambarkan seperti ini:

Dan makhluk luar angkasanya digambarkan berbeda di setiap planetnya. Seperti ini:

Nah, bisa disimpulkan bahwa, menurut Akira Toriyama, tiap planet yang berbeda memiliki bentuk makhluk yang berbeda pula. 
 
Jadi, apa alasan orang diluar sana menggambarkan Alien dengan wujud yang itu-itu saja?

Hmm...Siapa yang tahu? Banyak hal diluar negeri sana, yang tidak diketahui rencananya...Mungkin juga sebagai pengalih perhatian terhadap sebuah rencana besar.

Nah,  seperti yang saya katakan pada awal-awal tulisan, tentang film dokumenter. (.....Alien sudah banyak dicatat dalam tulisan, literatur, hingga film dokumenter. Nah, harap diingat yang dicetak tebal.)
Sekarang, orang mana yang sempat-sempatnya diculik tapi merekam si penculiknya dengan kamera atau alat apapun yang mampu merekam dengan visual?
Mungkin tidak direkam, tapi digambarkan atau di ilustrasikan?

Ya, sama saja hasilnya atau perwujudannya masih seperti ini:
Dan satu hal lagi, jika memang Alien seperti ini selalu dikatakan sebagai dalang dibalik UFO, sampai sekarang video tentang Alien yang keluar dari UFO tidak pernah ada.  Padahal, yang namanya Ilmu pengetahuan, jika ada satu penemuan saja, maka haruslah ada kemajuan dari penemuan itu setiap tahunnya atau setiap saatnya. Pasti akan ada sebuah inovasi. Dalam hal ini adalah Alien dan UFO. Dua hal itu sudah ada berabad-abad lamanya. Tapi, sepertinya tidak ada kemajuan lagi tentang pembuktiannya bahwa Alien adalah pengendali UFO.

Tapi kan ada video autopsinya?

Itu palsu. Sudah saya ulas di postingan sebelumnya. klik di sini

Lalu bagaimana dengan video penampakkannya?

Kalau soal itu saya tidak bisa berkata banyak. Barangkali itu palsu, barangkali itu memang makhluk aneh yang mirip Alien. Hanya saja, selama ini, tidak ada rekaman yang menunjukkan antara kaitan UFO dengan Alien, atau Alien adalah pengendara UFO.

Kan sulit mendapatkan rekaman seperti itu?
Kita boleh mengatakan sulit jika kita hidup di era alat audio-visual belum ditemukan.  

Lalu, bagaimana dengan wormhole? Kita sering melihat ada UFO keluar dari wormhole di Youtube!

Masalahnya, siapa yang mengatakan itu wormhole?
Itu hanyalah asumsi sebagian orang saja yang mengasumsikan bahwa obyek yang terkadang mengiringi UFO dan berbentuk panjang bewarna putih adalah wormhole. Nah, mari kita lihat, apakah UFO memang keluar dari wormhole!? Silahkan klik disini untuk melihat videonya. Dan ini video dari Rusia, klik . Dan yang satu ini dari China, klik di sini.
Khusus untuk yang China, saya hanya bisa mendapatkan sedikit info dari teman saya yang sedang scholarship di kampus saya, Jan Van Der AA. Dia memang orang Belanda, tapi juga pernah kuliah di Guilin University di China. Berikut adalah gambar dari spiral yang terlihat di China.


Menurut Jan yang membantu saya mentranslasikan video tersebut, saksi mata mengatakan bahwa dia belum pernah melihat hal yang seperti itu dalam hidupnya. Obyek itu seperti bunga, dan dia mengaku belum pernah melihat hal seperti itu. 

Baik, jika sudah melihat semuanya, saya mempunyai gambar yang saya ambil dari potongan video yang menampilkan penampakkan obyek yang disangka wormhole. 

Nah, mari kita lihat pada bagian belakang wormhole tersebut, yaitu pada bagian akhir urutan pada gambar. Pada prinsipnya, Wormhole adalah salah satu cara untuk berpindah ke tempat lain yang lebih cepat dari cahaya. Tapi apa yang kita lihat pada setiap video wormhole adalah, seolah-olah itu bukan cahaya, melainkan asap. Ya, asap. Jika kita melihat pesawat yang terbang, atau mungkin pesawat jet, pasti pada belakang ekornya ada asap yang bergerak lurus, sehingga menimbulkan bekas. 


Oke, saya percaya, tapi bagaimana dengan asap spiral?

Berikut pencitraanya dari format 3D yang saya dapat dari blog Enigma ketika membahasa soal spiral Norway. Sebetulnya video tersebut lebih tepat menggambarkan tentang kerusakan rudal, tapi bisa dipakai sebagai ilustrasi bagaimana asap spiral bisa dibentuk. Klik di sini
 Saya sudah membuat sketsa tentang kemungkinan bagaimana asap spiral itu berubah menjadi semacam lorong. Jadi, saya berpendapat bahwa asap itu semula keluar dari badan "pesawat", atau semacam mesin penggerak atau semacam mufflernya, lalu, asap berikutnya keluar dari bagian lain yang pastinya berbentuk melingkar, sehingga seolah-olah berubah menjadi lorong.

Gambar diatas adalah contoh mudahnya bagaimana asap melingkar dapat dibentuk. Dan yang satu ini adalah asap yang lebih fenomenal lagi. 

Baru-baru ini, kita dikejutkan oleh penampakkan cahaya spiral di langit Kanada Barat, yang ternyata adalah hoax. Klik di sini untuk melihat ulasannya dari blog Enigma. Yang menarik adalah, video yang mendokumentasikan bagaimana cahaya spiral misterius itu terlihar dari jendela kabin pesawat terbang.Rekaman hoax itu menunjukkan bagaimana cahaya aneh datang melintas, kemudian meledak dan menghilang. Tidakkah pembaca merasa aneh? Sekalipun itu hoax, yang perlu diketahui adalah, bagaimana caranya sebuah benda yang baru datang dari sudut pandang benda lain, mampu menyamakan kecepatan? Kecuali jika ada rekayasa atau kedua belah pihak (antara obyek yang sudah lama ada dengan yang baru saja ada)  ada perjanjian atau dengan kata lain kesengajaan. Hal ini juga berlaku jika kalian mendapatkan video pengejaran atau penampakkan UFO yang tiba-tiba datang pada obyek yang berjalan dan didalam mobil itu merekam UFO tersebut, tapi UFO yang tersebut masih bisa tetap terfokus pada kamera dengan baik, tidak ada percepatan pada salah satu benda, atau perlambatan, maka besar kemungkinan itu adalah palsu.

Relativitas khusus Einstein menunjukkan bahwa dua pengamat berada dalam kerangka acuan lembam dan bergerak dengan kecepatan yang relatif sama terhadap pengamat lain, maka kedua pengamat tersebut tidak dapat melakukan percobaan untuk menentukan apakah mereka bergerak atau diam. Misalkan saja kalian ada di kapal selam dengan kecepatan tetap, mungkin Anda akan tahu kapal selam kalian bergerak jika ada jendela, dan Anda bisa melihat ikan-ikan yang bergerak kesana kemari. Tapi bagaimana jika pada kapal selam yang Anda tumpangi tidak terdapat jendela? Anda tentu tidak akan tahu apakah kapal selam Anda bergerak atau tidak. 

 Seringkali ketika ada penampakkan UFO atau kejadia yang dianggap dari Extra Terrestrial, para saksi mengatakan bahwa anjing mereka ketakutan atau hewan mereka mengalami ketakutan.

Saya tidak memiliki kepastian mengenai bagaimana caranya membuat hewan-hewan ketakutan, tapi saya mempunyai pendapat. Dan pendapat itu berupa iklan. 
Nah, itulah pendapat saya. Jadi, jika ada saksi mata yang mengatakan bahwa anjingnya ketakutan ketika di kawasannya ada  penampakkan UFO, mungkin karena UFO tersebut dilengkapi dengan gelombang yang hanya hewan saja yang mampu mendengarnya, dan manusia tidak bisa mendengar. Penahkah Anda mendengar tentang polisi K9? Ya K9 adalah julukkan untuk anjing pelacak polisi. Anjing atau hewan lain mempunyai semacam respon jika disentuh bagian tertentunya atau mendengar bunyi-bunyian.
Nah, apakah kita masih menganggap bahwa kesemua hal dari UFO dan Alien semuanya memang berasal dari makhluk luar angkasa?

Mengingat manusia dengan segala daya upayanya mampu membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. 

Pikiran kita selalu mampu ditipu oleh anggapan ketidak mungkinan

--------------------------------------------------------------------------------

Karena ada yang masih bingung dengan postingan ini, saya akan membuat rangkumannya:

1. Jika memang ada Alien dari luar angkasa, maka semestinya, bentuk Alien tidak melulu seperti yang kita kenal. Karena banyak planet di alam semesta.
2. Jika memang ada yang beranggapan bahwa "mungkin saja Alien bentuk lain belum bisa ke Bumi", berarti Alien yang sering kita lihat atau dengar dari versi orang-orang Amerika atau Ilmuwan ternama, atau dari para saksi penculikkan Alien, lebih pintar dari para alien lain yang belum bisa ke Bumi. Lalu, kenapa Alien yang pintar itu tidak menjajah kita?
3. Jika memang Alien yang datang dengan cara damai dan tidak bermaksud menjajah, kenapa dia juga tidak menunjukkan dirinya dengan cara yang damai dengan penduduk Bumi?
4. Tidak ada video yang real, yang mendokumentasikan Alien (Alien jenis Grey) adalah dalang di balik UFO yang selama ini kita lihat.
5. Wormhole yang selama ini kita lihat di video, bukanlah cahaya, melainkan asap.
6.Kita selalu berpikir bahwa UFO adalah teknologi buatan makhluk luar angkasa. Padahal, manusia selalu bisa membuat apapun yang ia ingin buat kecuali makhluk hidup. Saya beri contoh, pada zaman dahulu, sangat sulit berkomunikasi dari tempat yang jauh, tapi sekarang ada handphone, dan kita bisa berkomunikasi jarak jauh dengan seseorang dengan cara yang teramat sangat mudah. 
7. Yang terakhir, saya bukannya tidak percaya akan adanya kehidupan diluar Bumi, tapi saya tidak percaya kalau mereka memiliki kecerdasan diatas manusia.


32 comments:

  1. PERTAMAXXX TELAH DIAMANKAN ?????

    ReplyDelete
  2. Cara berpikir yang menarik. Tapi saya setuju, wormhole itu hanya imajinasi saksi mata. Sepertinya diskusi mengenai ufo akan menjadi sangat panjang. Jd teruskan menulis bro.

    ReplyDelete
  3. "TEORI" yang bagus tapi saya lebih memilih utk percaya pada penglihatan dari saya sendiri, saya NGGAK mungkin salah !! sabtu kemaren ketika saya dalam perjalanan ke sekolah. Ketika saya melihat ke langit saya melihat benda OVAL barwarna silver bergerak zig-zag. Sebenarnya saya mau menghentikan montor tetapi karena udah mau telat ya, udah lanjut
    ketika saya berbelok (pandangan sayakan sudah tidak pada benda tadi) lalu saya berbelok ke arah benda tadi ternyata sudah hilang
    masak pesawat terbang mata-mata..???..Indonesia.GAK mungkin
    kejadian itu di sukoharjo di dekat pabrik konimec kec. grogol
    oya penglihatan saya GGAAKK mungkin salah

    -daniel

    ReplyDelete
  4. mbuh mumet malah ndasku

    ReplyDelete
  5. Like this!
    Manusia tinggal menyatukan teknologi dan pengetahuan yang sudah ada untuk menciptakan UFO, bahkan yang jauh lebih canggih

    ReplyDelete
  6. To Daniel:
    Saya juga yakin yang Anda lihat itu memang UFO

    ReplyDelete
  7. saya kira nggak segampang itu deh berfikir logisnya....
    diibaratkan klo dilihat secara sains, orang ga percaya dengan adanya ghaib.
    tapi itu ada kan?
    ga semua orang bisa berhubungan dengan ghaib.
    seperti halnya UFO dan alien.
    emang gampang cari buktinya?
    alien datang ke bumi itu mungkin penelitian rahasia dari alliennya sendiri.
    jadi masa sampai mau penelitiannya terbongkar oleh manusia itu sendiri?
    kalo misalnya manusia sendiri dah bisa berkeliling planet yang mengitari bintang2 diangkasa... apakah langsung ingin menguakkan keinginannya kepada makhluk planet yang dikunjungi? bisa2 malah terbunuh dan jadi bahan penelitian ...
    jadi pendapat saya ga semudah itu menemukan bukti UFO dan alien walau masa audio visual sudah ada dan sangat canggih seperti sekarang...
    tapi ingat...sang alien lebih hebat karena mampu datang dengan benda yang kecepatannya belum bisa disamai alat manusia bumi. apalagi yang audio visualnya... itu pemikiran saya...
    yang jelas saya percaya bahwa Sang Pencipta tidak hanya menciptakan materi di Bumi saja. dari banyak galaksi yang terdiri dari milyaran bintang, kemungkinan terdapat makhluk hidup lain 99%.. ada tanggapan ?
    by BZLANDITO :)

    ReplyDelete
  8. gw mw comen tntang coment lw yg d fb. Lw bilang bilang kyk gni 'ada kehidupan di selain
    bumi tapi tidak ada alien' dan 'Dan bukan bentuk alien
    yang seperti digambarkan
    org pada orang2 barat'.
    Ga slh lw? Alien tu sebutan buat makhluk hdup yg tgl d luar angkasa. Jd mw bntuk'a apapun y dsbut alien. Jd ga cuma grey! Dsr sok tau. . .

    ReplyDelete
  9. To BZLANDITO:
    Jin dan hal ghaib lainnya memang kasat mata. Karena kasat mata itulah untuk mencari penjelasan yang logis sangat susah dan mungkin akan tidak punya patokkan. Dalam semua tulisan saya, saya memang mencantumkan pendapat disertai hal-hal yang menguatkan pendapat saya. Tidak ada dan tidak akan pernah saya menulis sesuatu yang menyuruh orang lain untuk berpegang pada tulisan saya karena kebenaran ada dua, obyektif dan subyektif. Saya juga tidak mengatakkan bahwa tidak ada kehidupan diluar Bumi, kalaupun ada, saya rasa tidak melulu yang berbentuk grey seperti kesimpulan No. 1 dan 2 yang saya tuliskan. Soal teknologi, apakah anda yakin bahwa piring terbang tidak bisa dibuat oleh manusia? Atau kita memang selalu dihadapkan pada asumsi bahwa piring terbang tidak mungkin bisa dibuat manusia, melainkan teknologi diluar Bumi? Sama halnya jika ada pemikiran seperti ini: Apakah dinosaurus memang melulu berbentuk seperti yang sudah digambarkan di museum2? Bagaimana jika mereka salah merangkai fosil? Begitulah pendapat saya :)

    ReplyDelete
  10. To Anonim:
    Lalu kenapa Anda tidak meng komen di FB, mas, mbak? Begini, mungkin saya kurang cermat menulisnya, saya akui, tapi maksud saya ialah, tidakkah anda-anda merasa heran bahwa kenapa alien (dalam hal ini : makhluk luar angkasa) selalu digambarkan dengan grey? Dan kenapa mereka selalu digambarkan lebih cerdas dari manusia? Soal kata alien, saya sarankan anda lebih mencermati istilahnya dalam wikipedia atau kamus. Kalau ada yang bilang alien selalu dari luar angkasa, berarti itu asumsi. Bukan patokkan.Sama saja jika anda mengatakan bahwa saya sok tahu..itu adalah asumsi anda bahwa saya sok tahu, padahal kenyataannya kan anda tidak kenal saya?

    ReplyDelete
  11. Oh iya menegnai kesimpulan anda.
    1."Jika memang ada Alien dari luar angkasa, maka semestinya, bentuk Alien tidak melulu seperti yang kita kenal. Karena banyak planet di alam semesta."
    jawab : Berarti anda meyakini ada alien.

    2."....alien tidak menjajah...."
    Saya pikir itu akan menyia2kan amunisi mereka, karena apa untungnya menjajah planet ini. Dan mungkin terlihat seperti lelucon tidak menutup kemungkinan mereka ada PBB galatic. :D

    3."...Alien tidak menampakkan diri"
    Jawab : Bukankah di artikel anda menyajikan penampakkannya. dan Apa untungnya mereka manampakkan diri, bisa2 ditembakin manusia. Atau mereka tidak ingin manusia panik.
    Lihat trailernya/film the day the earth stood still(sci-fi)

    4."Tidak ada video yang real, yang men=dokumentasikan Alien adalah dalang di balik UFO."
    Jawab ; memang tidak ada. Memangnya kta bisa mengambil gambar pilot dalem pesawat.

    5.yang terakhir memang betul manusia bisa membuat apa saja. Tapi ingat filsafat lama. "diatas langit masih ada langit". Jadi saya pikir manusia bukan satu2nya makhluk inteligence di alam semesta.

    ReplyDelete
  12. To Andika:
    1. Hmm...sebab jika saya katakan Alien, banyak orang akan berasumsi ke Grey..tapi saya percaya ada kehidupan lain di Bumi. Tapi tetaplah manusia yang utama.
    2.Terlalu jauh :D
    3.Saya tidak menyajikan penampakkanya.
    4. Kan bisa diam2..tidak harus dari dekat :D
    5. Benar. Tapi manusia yang utama. Nanti anda akan mengerti seiring bertambahnya usia dan pengalaman.

    ReplyDelete
  13. cuma satu ..>> belum ada bukti... nanti juga kalau ada bukti yang real semua yang skeptis akan diam... teori anda terlalu banyak lemahnya... segala kemungkinan ada bro.. jangan berfikir sendiri lah.. but good posting bbroo,,,,

    ReplyDelete
  14. Saya tidak mengatakan teori. Saya selalu berpendapat...semua pasti punya kelemahan..Saya tidak berpikir sendiri. Yang mikir seperti ini juga banyak. Thanks

    ReplyDelete
  15. what?! bingung sama nalarnya penulis. mungkin saya yang ga bisa berempati, atau memang ada yang luput dari pembacaan saya? apa hubunganya beethoven sama uraian panjang kali lebar di bawahnya? dan terakhir, saya tidak percaya kalau penulis mempunyai kecerdasaan di atas saya :p

    ReplyDelete
  16. To Andika:
    Saya mengakaitkan Beethoven karena dia mampu meciptakan musik yang hebat (saya bilang hebat karena dia dapat banyak penghargaan) dengan keterbataasan yang dia miliki. Jadi, istilahnya melawan ketidak mungkinan menjadi kemungkinan... Karena selama ini banyak menganggap bahwa UFO ciptaan makhluk yang teknologinya diluar nalar manusia..tapi sebetulnya banyak laporan bahwa UFO mampu dibuat oleh manusia

    ReplyDelete
  17. haha....
    Perdebatan yang cukup menarik....
    Saya hanya menambahkan saja...apa yang dijelaskan pada postingan brother Reza ini hanya berupa asumsi yang keluar menurut pemikiran beliau...
    Tidak ada salahnya kita berandai-andai u/ menjelaskan sesuatu hal yang berada diluar kemampuan manusia...
    Contohnya begini: saya pun bisa berasumsi bahwa alien sebenarnya adalah sekumpulan makhluk bawah tanah...! (Gak masuk akal kan..?)
    makanya marilah kita mencoba menghargai pendapat orang lain dan dengan sopan memberikan masukkan..
    Kita semuaa sedang belajar..bukan begitu...?
    Salam..

    ReplyDelete
  18. To Hawkson
    Haha..Orang memang macam-macam. Selalu menilai dengan singkat

    ReplyDelete
  19. iyaa-iya benar..
    kita lagi belajar. hooh
    jadi kalo komen yang sopan yaaaa :)
    mas kalo teori tentang telepati bisa di bahas tidak?
    soalnya di pilm2 kan mereka (alien) kebanyakan komunikasinya menggunakan telepati
    apa itu hanya kelihaian sang sutradara aja ?
    by: BZLANDITO

    ReplyDelete
  20. To BZLANDITO
    Sebetulnya saya tidak ada masalah dengan komen2 yang jelek. Kecuali komen yang berbau provokatif pasti tidak akan saya publish :)
    Anda bisa membaca soal telepati di sini:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Telepati

    Kalau soal film, itu mungkin "warna pelengkap" yang dibuat oleh sutradara. Saya juga pernah berkecimpung di dunia film indie. Pada film terdapat hal-hal yang bisa dikatakan sebagai "warna sebuah film". Misal: pada film komedi, maka penggunaan kostum atau setting tempat pewarnaanya cerah dan ceria, pada setting horor pewarnaanya suram, sedangkan pada setting drama pewarnaanya mellow dan sendu. Sedangkan pada sci fi pewarnaanya adalah hal2 yang berbau science, kadang menggunakan hitungan dan kadang mengaitkan dengan hal-hal yang berbau eksperimen dan kecanggihan

    ReplyDelete
  21. Ariel 10 said...
    Perkenalan dulu ya ... nama saya Ariel saya pembaca blog Enigma saya berumur 10 Tahun laki laki.. jangan kaget ya.. karena saya pasti termuda di blog ini... he he he saya sangattttt.... suka misteri dari UFO ,dll ternyata blog ini juga bagus..

    ReplyDelete
  22. hebat aq suka postingny... d dunia ini manusialah makhluk paling sempurna kecerdasannya... tapi aq juga percaya dialam semesta ini pasti ada makhluk yg menghuni tatasurya selain qta d suatu tempat d galaksi entah dmn itu, dan aq g sabar pengen cepet2 ketemu mereka dan mungkin aja qta bisa tukeran informasi mengenai kebudayaan atau resep masakan... hehehe lanjut terus bro ^__^v

    ReplyDelete
  23. Konsep alien yang seringkali digambarkan dalam bentuk grey lebih karena popularitas. Sama seperti orang yang benar-benar buta tentang Asia hanya menilai bahwa penduduk Asia semuanya berkulit kuning dan bermata sipit. Penggambaran alien dalam bentuk grey hanya bentuk kekurangpahaman atas kehidupan lain di alam semesta. Namun bukan berarti mereka tidak ada kan?

    ReplyDelete
  24. bagaimana alien pada pandangan agama?????????????????????????????????????????????????????????????????

    ReplyDelete
  25. klo soal ufo dan alien, emang selalu jd perdebatan. Tp yang membuat saya bingung sampai sekarang adalah siapa sih yg menciptakan 'circle corps' yang luar biasa itu? apakah manusia dgn teknologi canggihnya atau bukan manusia?

    ReplyDelete
  26. hi kk phenomena aku mo komentar ni tentang pandanganku tentang video whormhole dan asap spiral menurutku fenomena whormhole terjadi bukan berasal dari pesawat asing atau semacam piring terbang melainkan sebuah komet yang menabrak lapisan atmosfer di bumi nah jika kita liad mengapa whormhole setelah beberapa menit ujung dari whormhole seperti menghilang lalu muncul kembali dan seolah2 terjadi teleportasi itu sebenarnya terjadi karena asteroid yang menabrak lapisan atmosfer dan kk phenomena pesti tau atmosfer dibagi menjadi 5 nah nih yang mau aku jelasin lapisan atmosfer bumi kita yang paling panas dan berguna untuk menahan tubrukan benda asing yang tertarik oleh gaya gravitasi adalah lapisan mesosfer dan kk pesti dah diajari di sma nah mengapa whormhole terlihat memiliki ekor yang panjang dan setelah beberapa menit menghilang dan tiba2 muncul kembali itu disebabkan karena komet yang menabrak lapisan mesosfer dan terbakar dan menimbulkan sisa partikel yang terbakar berupa ekor yang sangat panjang. tidak semuanya hancur dan sisa komet yang terbakar itu berhasil melalui lapisan mesosfer setelah melewati lapisan itu lalu melewati lapisan berikutnya yang namanya troposfer dan lapisan troposfer bersuhu sangat dingin dan dilapisan itu juga terdapat yang sering kita dengar yaitu lapisan ozon maka kalau whorm hole terlihat seperti sedang berteleportasi sebenarnya itu komet yang sampai ke lapisan ozon nah setelah lapisan ozon ada lapisan bernama astenosfer yang juga sangat panas dan komet itu mulai terbakar kembali di lapisan itu

    nah segitu dulu ya om phenomena analisa ku oh ya namaku cristian maklum ni ak baru anak sma kalo ad yg salah mohon maklum soalnya ane juga nyarinya di buku pelajaran ama liad di blog nya om enigma hehehe

    ReplyDelete
  27. To Christian :
    Penjelasannya bagus. Tapi bagaimana komet bisa menjelaskan "cahaya" yang berbentuk spiral? Lintasan komet tidak pernah spiral..

    ReplyDelete
  28. Saya suka sekali blog ini..blog ini dan blog enigma 2 yang terbaik(menurut saya) tentu utk materi2 spt ini..

    ReplyDelete
  29. To Anonim :
    Terimakasih, saya akan menuliskan lagi bagian ke tiga nya. NAmun dengan pembahasn yang lebih santai, dimana seri ketiga akan menjadi penutup

    ReplyDelete

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.