Sabtu, 26 Mei 2012

Sosok Naga Terfoto di Cina

Setelah berita tentang penampakkan sosok naga di Himalaya beberapa tahun lalu, penikmat misteri kembali disuguhkan sebuah foto yang menurut saya sungguh luar biasa. Sosok naga yang tertangkap kamera kali ini lebih fantastis daripada foto sepasang naga di Himalaya. 


One man from the town of Fuzhou in East China's Jiangxi Province claim that, on this picture you can see a flying dragon. Guan Mulin has documented the event by a camera on his mobile. "I drove home and suddenly I noticed that all the people on the street staring at the sky. I parked the car and checked what's going on. In the sky I saw a picture of two dragons, which flown among the clouds. It could also be one dragon and his tail that peeks out of the other clouds, "said Guan. An unusual phenomenon lasted several minutes, then the creature or thing in the sky suddenly disappeared.


Klik disini jika gambar rusak

Seorang pria dari Fuzhou Cina Timur Provinsi Jiangxi mengkalim bahwa gambar ini adalah gambar yang bisa Anda slihat sebagai seekor naga. Guan Mulin mendokumentasikan peristiwa itu lewat handphonenya. 
"Ketika aku sedang menyetir kembali ke rumah dan tiba-tiba mendapati orang-orang melihat langit. Saya memarkir mobil dan melihat apa yang terjadi. Di langit saya melihat sebuah gambar dua ekor naga, yang terbang diatas langit. Namun itu bisa saja seekor naga (obyek yang kedua adalah ekor) yang menyembul di sisi awan," kata Guan Mulin. Sebuah peristiwa yang aneh dan berlangsung beberapa menit, lalu sosok atau sesuatu tersebut tiba-tiba menghilang. 

Begitulah kata sumber yang saya dapatkan dari Above Top Secret yang TS nya mengambil dari sumber web berbahasa Sloven (klik disini). 

Well, gambar ini memang membuat takjub bagi yang melihatnya. Betapa besar tubuh sang naga jika dari jarak pengambilan gambar sejauh itu pun terlihat sedemikian besar.

Saya mencoba menganalisa secara sederhana foto milik Guan Mulin. 

Pertama, foto itu bukanlah dua ekor naga, tapi satu. Saya sepakat dengan pendapatnya salah seorang komentator yang menganalisanya di web Disclose.Tv



Coba bayangkan betapa panjang dan besarnya naga tersebut jika memang naga betulan. Ada beberapa poin penting dalam menyikapi gambar tersebut:


  1. Seekor naga sungguhan.
  2. Seekor naga hasil photoshop.
  3. Layang-layang.
  4. Project Blue Beam (ini kemungkinan yang paling berlebihan).
  5. Bulma memanggil Shenlong.
  6. Abaikan nomer 5. 
Member Disclose.TV rupanya sudah menganalisa gambar tersebut dengan sebuah software yang bernama Image Forgery Detector yang bisa kalian unduh secara gratis disini. Untuk bisa menganalisa gambar tersebut, kalian harus merubah gambarnya menjadi grayscale dan merubah Bit nya menjadi 8Bit.

Dan ketika gambar itu di tes dengan Image Forgery Detector, hasilnya sungguh mengejutkan.



Harap jangan senang dulu, sebab sekalipun software tersebut menunjukkan validation, tapi tidak berarti bahwa gambar tersebut seratus persen valid atau dengan kata lain jangan terburu-buru mengambil kesimpulan kalau naga di foto tersebut memang naga hidup.

Perhatikan komentator dari Above Top Secret :




There is a better an easier explanation than this one , what if the guy lied about his name,picture and everything else? Before thinking about Gangs bruce lee and all this crazyness you should consider the simple answer.. 
And i take back everything I said about that piece of crap software(Image forgery detector),,, not only that interface sucks but it also does not work and dont detect ANY forgery what so ever I tested it with an Image i photoshoped and that piece of crap software said it was valid, dont trust that software,,,,, 
Now about dragons and I know this for a fact im not trying to feed any Illusions here but there was a time when those creatures really existed, I dont know about the chinese dragon but the regular dragons yes they existed a long time ago this is a known fact.... But they are extinct now.

Karena sudah ada yang coba software itu dan hasilnya kurang bagus, jadi saya tidak perlu repot mencobanya. So, mari kita cari alternatif lain untuk mengetahuinya.


Menurut web Chinese Fortune Calendar.com, pada tanggal 4 Februari 2012 adalah tahun naga, tepatnya adalah naga air. Setiap tahun, di Cina mengadakan festival layang-layang, seperti Yangjiang Kite Festival dan Qingming Festival. Diantara bermacam-macam model layangan, model bentuk naga adalah yang paling terkenal. Seperti inilah bentuk-bentuk model layangan naga di Cina:












Sekarang, mari kita lihat kembali foto naga dari Guan Mulin.


Setelah saya cari-cari kesana kemari, ternyata tidak ada bentuk layangan naga sebesar dan semirip itu. Kalau bentuknya naga panjang tak bersayap seperti itu memang ada, tapi tidak ada yang sebesar "naga" dalam kamera ponsel Guan Mulin. Berikut adalah contoh layangan naga panjang yang tidak bersayap. Silahkan buka link disini untuk melihat videonya.



So, in my humble opinion, Guan Mulin's photo isn't a dragon kite. Karena ukurannya yang begitu  besar yang saya rasa tidak masuk akal untuk sebuah layangan. Layangan naga terpanjang berukuran 300 feet atau setara dengan 90an meter dan bentuknya sama sekali tidak mirip dengan sosok naga di foto Guan Mulin. Anda bisa melihat videonya disini. Weifang Kite Museum di Weifang, Cina, menyimpan layangan berbentuk naga dengan ukuran 350 meter dan bentuknya juga sama sekali berbeda dengan sosok naga Guan Mulin. 



Sedangkan layangan terbesar adalah Megabite buatan Peter Lynn dengan ukuran 55 x  22 meter, dan Mega Ray yang berukuran 150 x 72 meter. Untuk Mega Ray, kalian bisa melihatnya di link ini.

Megabite





Bagaimana jika foto naga Guan Mulin ternyata hasil Photoshop?

Nah ini yang menurut saya cukup sulit. Kesulitan pertama adalah karena gambar diambil dengan kamera hape. Kesulitan yang kedua, komputer saya adalah komputer yang jadul, nggak ada software seperti Photoshop (kecuali Photoscape), jadi nggak bisa melakukan ini itu dengan gambarnya. So, terpaksa saya comot gambar dari sini sana dengan tetap menyertakan sumbernya sebagai bentuk menghargai mereka yang sudah repot-repot menganalisanya dengan software. 

Mari kita coba bandingkan.

Ini adalah gambar asli





Dibawah ini adalah gambar yang sudah di naikkan kontras nya, dan brightnes diturunkan. Komentator Above Top Secret yang membuat gambar ini mengatakan kalau gambar tersebut penuh dengan pixelation dan artifak berformat jpeg. Sumber : klik disini.



Dan memang beberapa orang yang menganalisa gambar tersebut di Indonesia Mystery Forum mempertanyakan kenapa pada kepala naga terdapat pixelation, seolah gambar naga tersebut memang hoax. 



Tapi, jika kita cermati, pixelation tersebut juga terjadi di beberapa tempat seperti yang sudah saya tandai. 



Satu hal yang menguatkan bahwa Guan Mulin telah berbohong adalah, dia mengatakan bahwa sebelum memotret naga tersebut, dia melihat banyak orang melihat ke atas. Tapi pada foto tersebut, tidak nampak keramaian. 

Namun, bukti hoax tersebut (mungkin) bisa dipatahkan karena foto tersebut lebih fokus kepada sosok naga, sedangkan pada bagian pemukiman penduduk gambarnya cukup out of frame. Dan sekali lagi, gambar di foto dengan kamera hape. 

Tapi ada beberapa kejanggalan juga lho : 

  1. Naga sebesar itu kenapa tidak sampai dimuat di TV?
  2. Bagaimana bisa makhluk sebesar itu tiba-tiba menghilang? (Perhatikan pengakuan Guan Mulin)  

Anehnya, gambar tersebut ternyata termasuk Picture of The Day web Telegraph.UK. Dan Telegraph .UK tentu bukanlah web sembarangan. Silahkan klik disini.

Tapi bisa juga, kan kalau gambar tersebut ternyata memang hasil photoshop yang canggih dengan mencomot makhluk yang bernama Proteus Anguinus sebagai model seperti yang sudah dicontohkan komentator Above Top Secret. Klik disini untuk sumber. Berikut adalah beberapa gambar Proteus Anguinus: 




Tapi itu juga belum bisa dipastikan kalau foto Guan Mulin hasil Photoshop. Di Jiangxi (di provinsi Guan Mulin memotret naga), ada sebuah daerah bernama The Dragon and The Tiger Mountain yang videonya bisa Anda lihat disini. Mungkin saja daerah tersebut menyimpan sebuah Urban Legend yang memang ada. Karena nyatanya, di Cina memang negara yang sangat identik dengan naga. Bahkan beberapa rekaman benda misterius yang panjang dan seolah hidup juga terekam di Cina. Silahkan klik link-link dibawah ini: 



Well, memang cukup membingungkan. Untuk sementara ini, saya lebih memilih kalau gambar tersebut hasil Photoshop, karena belum ada berita dari TV dan wawancara dengan Guan Mulin mengenai peristiwa tersebut. 



sumber : semuanya sudah tertera di link.

26 komentar:

  1. above top secret, the telegraph. semoga IMFo nanti menyamai kedudukan mereka. di asia belum ada web seperti above top secret. amien...

    desta bluedyst

    BalasHapus
  2. wow,....
    sy percaya, unicorn , pegasus, griffin, dan tentu na, seekor naga. itu ada :D

    you know me

    BalasHapus
  3. saya setuju kalok itu ulah bulma yang sedang manggil sherlong. hahahaa... bercanda. tapi kalok itu dikatakan sebuah layang2 raksasa kayaknya imposible, karena dalam foto terlihat cuaca yang sangat mendung dan dapat diperkirakan pada saat itu kecepatan angin bisa dibilang sangat kencang dengan kata lain sangat tidak mungkin mengendalikan layang2 raksasa. saya tahun lalu pernah mengikuti festifal layang2 di bali dan saya membantu menerbangkan layang2 berbentuk barong dengan lebar 3 meter dan panjang ekor mencapai 18 meter, dengan cuaca cerah di pantai dan kecepatan angin yang gak begitu kenceng pun perlu 5 orang untuk menarik layang2 itu dan untuk mengendalikanya di udara pun minimal ada 3 orang untuk memegang tali nya. jadi menurut saya kalau memang difoto itu sebuah layang2 raksasa dengan panjang 150 meter dengan cuaca mendung dan angin sangat kencang saya rasa hanya songoku yang mampu menerbangkanya

    BalasHapus
  4. Lebih baik, kuatkan buktimu. Bukan kembali menimbulkan pertanyaan.

    Apalagi kalau masalah photoshop dari Proteus Anguinus itu jelas-jelas memiliki bentuk yang berbeda.

    Salam

    BalasHapus
  5. Postingan yang menarik, masbro :D

    Btw, ayo tukeran link. Ini link saya:
    http://imagitopia.blogspot.com/

    Thanks. QEN

    BalasHapus
  6. Kalo di tinjau dari sudut pandang Agama Islam sih...saya percaya bahwa selain mahluk manusia, hewan dan tumbuhan dan alam nyata ini Alloh SWT juga menciptakan mahluq Ghoib (JIN-SETAN-IBLIS-MALAIKAT)seperti yg termaktub di kitab Suci al Quran, yaitu mahluq yg tak nampak mata tetapi jika ia mengeluarkan Doanya / sihirnya maka bisa tampak nyata oleh mata telanjang...memang ada sejenis Jin berbentuk Ular Naga dan tempat tinggalnya ada yg di udara ada yg di darat dan ada yg di dalam lautan ataupun di dalam bumi...dan Alloh SWT Maha Kuasa menciptakan mahluqnya tanpa sesukar yg dipikirin orang manusia biasa

    BalasHapus
  7. saya setuju itu gambar ghoib jika yg nyuting gak bohong

    BalasHapus
  8. itu photoshop gan,uda wa buktiin pake hape foto secara horizontal,foto perumahan ama langitnya sekalian,uda ku foto bagian atap perumahannya aja,supaya langit nya lebih banyak kelihatan dan juga kebetulan banyak gumpalam awan.
    awan yg kefoto gak sedetail foto di atas jika pake hape sekualitas 8MP sekalipun,foto di atas awan nya terlalu detail untuk ukuran kamera hape,kesimpulan saya kalo saksi tsb memfoto gambar awan yg memiliki sinar matahari seperti itu dulu baru diselip naga,atau bisa jadi layang2 spt asumsi di atas,lalu di timpa pake landscape perumahan bagian atasnya jadi seolah2 menyatu.
    teori ini bisa agan2 coba juga,silakan juga pake kamera secanggih cannon,coba bandingkan awan(langit) yg kefoto ama perumahannya.
    kalo ada salah silakan ralat ya ty XD

    BalasHapus
  9. Coba di cek pren,
    dgn mengubah intensitas dan brightness and contrast,
    -Arah posisi matahari dan intensitas terang di kepala naga.??..seakan ada dua awan di gumpalan-2 dan dilatar belakang.
    -adanya "tanda" di arah depan kepala naga.dan di atas lampu paling kanan.??..

    thx..

    BalasHapus
  10. Mas Brow..
    sekedar masukan,
    dari bbrp kombinasi intensitas brightness and contrast,
    - intensitas matahari seakan ada 2 (1 dari garis bias awan, 2 di kepala naga..
    - ada 2 "tanda awan" yang janggal yang saya temui di arah depan kepala naga dan diatas lampu paling kanan.
    - dengan sudut dan posisi tukang foto, seakan ada dua bagian senja/dini hari pada sudut kota dan siang hari pada sebagian awan.
    - sulit menemukan bias bayangan awan pada siang hari(dari arah bias matahari dan sudut kota jika terdiri dari 1 hasil photo), yg kebanyakan terjadi pada menjelang senja.

    trims..

    BalasHapus
  11. fotonya tidak fokus utk membuat seolah'' kelihatan panik...alasan yg cukup profesional.
    Klo kita lihat pada bagian kepala cukup jelas karna tdk ada awan di bawahnya,sedangkan pada bagian ekor di situ awan cukup tebal tetapi masih jelas terlihat dan badannya tidak...
    Gak masuk akal sekali gan. Bagian ekornya efek transfaran dri photo shop... Klu masalah hitam ya wajar karna berhadapan dgn matahari. To semua foto'' kayak beginian selalu di bawah matahari seperti kebanyakan foto penampakan UFO yg tujuan nya agar foto tdk begitu jelas krn berhadapan langsung dgn matahari.

    BalasHapus
  12. gila lo gan itu di blang naga bukan lah itu salamander
    jenis anpibi

    BalasHapus
  13. bau naga...
    belum sikat gigi jadi nagaa nya keluar deh..

    BalasHapus
  14. sy rasa itu naga asli karna waktu sy masih brusia 7thn sy mlihat orang brjalan di atas awan

    BalasHapus
  15. sy rasa naga itu asli'karna naga itu
    mahkluk ciptaan Tuhan juga dan sifat nya gaib kadang nampak dan kadang tidak nampak dan trmasuk orang bruntung yg melihat nya n trmksih

    BalasHapus
  16. naga itu memang ada
    klo gak percaya silahkan coba pergi ke daerah yang disana ada sebuah gunung bernama gunung nago/naga
    cobalah kalian berkemah di tepi sungainya
    saat air sungai itu tiba2 keruh
    kalian bisa membuktikan untuk diri sendiri
    dan perhatian,JANGAN MENYELAM KE SUNGAI SAAT AIR KERUH,JIKA KALIAN INGIN SELAMAT !

    BalasHapus
  17. naga itu memang ada tapi itu jin. yg ngotot naga itu mahluk alam nyata tobat aja deh. malu lo diperbudak bangsa jin ngotot bgt :D wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  18. andaikata naga itu ada, pasti sekarang udah punah, tapi buktinya gak pernah ada yang nemuin fosilnya naga, yang ada cuman fosil dinosurus doang -_-

    BalasHapus
  19. antara fakta dan mitos ???
    hmmm

    BalasHapus

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.