Senin, 30 Juli 2012

Bangkai Misterius Ditemukan di Manhattan

Sebetulnya dalam minggu ini saya hendak memposting sesuatu yang bukan berita ini. Tapi karena saya lupa mau menulis apa, jadi nya ya yang ada saja. 

Kita langsung saja pada berita yang sedang hangat-hangatnya di Manhattan, yaitu ditemukannya bangkai makhluk yang berwujud aneh di kota tersebut. Seperti apa selanjutnya, mari kita simak dan analisa. 




Berita tersebut saya ambil langsung dari  salah satu sumber berbahasa Indonesia yaitu Yahoo! Beginilah tulisan yang ada pada web Yahoo!


TEMPO.CO , New York - Temuan bangkai binatang aneh yang dijuluki monster Manhattan terus menjadi perbincangan warga. Wajah binatang ini seperti telah dimutilasi, tapi masih menyisakan sebagian moncong dan gigi geligi yang tajam. Ada lima jari pada setiap kakinya, dan kaki belakang mirip telapak kaki bayi. Binatang ini telah terdampar di bawah jembatan Brooklyn, New York.
Fotografer amatir, Denise Ginley, mengambil gambar bangkai menjijikkan berwarna merah muda ini. Ia menemukannya secara tak sengaja saat berjalan di sepanjang East River pada hari Minggu. Gambar mengerikan ini pertama kali diterbitkan oleh The Gothamist pada hari Senin, dan seketika memicu berbagai teori konspirasi mengenai apakah itu adalah tikus air raksasa, babi, anjing liar, dan bahkan atau beberapa lainnya, menyebut hewan jadi-jadian.

Departemen Pertamanan New York berkukuh binatang ini babi. "Itu adalah babi yang tersisa dari sebuah pesta kambing guling," kata juru bicara departemen itu.

Namun Ginley menyayangkan kesimpulan cepat yang dianggapnya terlalu sembrono itu. "Itu jelas bukan babi," katanya kepada New York Daily News.

Pemeriksaan lebih dekat media ini menunjukkan bangkai binatang ini memang terlihat menyeramkan, dengan tangan dan kaki mirip manusia hampir mirip manusia tangan dan kaki, jauh dari kaki seekor babi.

Menurutnya, kalaupun itu hewan, lebih mirip tikus atau rakun, tapi ukuran tubuhnya sebesar anjing atau babi. "Rahang atas yang hilang membuatnya sangat sulit untuk mengidentifikasi dan gigi taring yang berbeda dari rahang bawah cukup membingungkan," ujar dia.



Dr. Paul Curtis, profesor di Cornell University dan spesialis satwa liar, menganggap itu bisa jadi anjing kecil yang membengkak karena membusuk di sungai. "Semua bulunya telah terkelupas dari bangkai," katanya kepada The Gothamist, menjelaskan kulit mengkilap makhluk mengerikan itu.

Temuan ini mengingatkan pada hewan misterius sejenis yang dijuluki warga sebagai monster Montauk. Bangkai binatang itu sempat membuat bingung warga New York ketika terdampar di pantai Ditch pada Juli 2008.
DAILY MAIL | TRIP B

Begitulah menurut berita yang dilansir dari situs Yahoo! Bangkai tersebut dikenal dengan nama Manhattan Monster. Saya sepakat bahwa bangkai tersebut mengingatkan kita, atau siapapun yang pernah mengenal kasus bangkai misterius yang dijuluki sebagai Monster dari Montauk. Bagi yang belum tahu kasus Monster dari Montauk, Anda bisa membacanya di blog Enigma dengan meng klik disini.

Peringatan! Sebelum mulai membaca artikel ini lebih jauh, siapkan diri Anda karena apa yang akan Anda lihat adalah sekumpulan bangkai. 

Nah, bagi yang ingin tahu seperti apa perwujudan bangkai misterius dari Manhattan tersebut, Anda bisa melihatnya dibawah ini. Saya berikan watermark Denise pada foto untuk menghormati hak cipta miliknya. 









Menarik sekali bukan. Denise mengatakan hilangnya rahang atas membuat hewan tersebut semakin sulit untuk diidentifikasikan dan kurangnya gigi taring dari rahang bawah semakin membuat hewan tersebut membingungkan untuk diteliti. 

Nah, mari kita coba analisa semaksimal mungkin sebenarnya makhluk apa itu. Jika kita runut cerita dari Yahoo! maka akan didapati bahwa:
  1. Bangkai tersebut ditemukan oleh fotografer wanita bernama Denise Ginley ketika berjalan-jalan di  pinggiran East River New York.   
  2. Ada lima jari setiap kakinya. kaki belakang mirip dengan kaki bayi manusia. 
  3. Departemen Pertamanan New York berpendapat bahwa itu adalah babi dari sisa pesta babi guling.
  4. Hewan tersebut juga mirip tikus maupun rakun tapi ukurannya sebesar anjing. 
  5. Dr. Paul Curtis, profesor di Cornell University dan spesialis satwa liar, menganggap itu bisa jadi anjing kecil yang membengkak karena membusuk di sungai. 

Berikutnya mari kita cocokkan satu demi satu kemungkinan yang ada dengan lima poin diatas. Kita mulai dengan East River yang merupakan sungai terdekat dengan lokasi ditemukannya makhluk tersebut. 

East River according to wikipedia : 
East River adalah sungai yang berbahaya bagi orang yang jatuh atau mencoba untuk berenang di dalamnya, meskipun pada pertengahan-2007 air itu bersih daripada sebelumnya dalam beberapa dasawarsa. Menurut bagian ilmu kelautan dari kota Departemen Perlindungan Lingkungan, saluran sangat cepat, dengan air bergerak secepat empat knot (seperti halnya di Sungai Hudson di sisi lain Manhattan). Kecepatan yang dapat mendorong perenang yang berenang secara santai hingga ke laut. Beberapa orang tenggelam di perairan sekitar New York City setiap tahun. Kekuatan arusnya menggagalkan upaya pada tahun 2007 untuk memanfaatkan itu untuk pembangkit listrik tenaga air. 

Jadi cukup masuk akal jika apabila ada makhluk hidup yang jatuh kesana dan kemungkinan untuk selamatnya begitu kecil. Sehingga ketika ditemukan, si makhluk hidup itu sudah menjadi mayat sebab arus sungainya begitu mematikan. 

Perhatikan betapa besar dan panjangnya East River ini dalam foto satelit diatas ini dengan warna merah sebagai tanda East River.


Mari kiter perhatikan poin-poin berikutnya yaitu pada poin-poin 2, 3, dan 4. :

2. Ada lima jari setiap kakinya. kaki belakang mirip dengan kaki bayi manusia. 
3. Departemen Pertamanan New York berpendapat bahwa itu adalah babi dari sisa pesta babi guling.
4. Hewan tersebut juga mirip tikus maupun rakun tapi ukurannya sebesar anjing. 

Kita abaikan poin nomer 2 karena jelas itu bukan bangkai bayi manusia. 

Babi. Jika kita perhatikan wajahnya, memang cukup mirip babi. Tapi apakah memang babi? 


Saya rasa jelas bukan. Mengingat bentuk kakinya bangkai tersebut sama sekali beda dengan kaki babi. Jadi asumsi bahwa makhluk tersebut babi adalah salah kaprah. 


Adapaun bukti lain yaitu perbedaan wujud kedua makhluk tersebut dalam wujud bangkai. Khusus untuk gambar bangkai babi dalam ukuran lebih jelas, Anda bisa membuka di link ini.



Nah sekarang tinggal tiga kandidat utama untuk bangkai misterius dari Manhattan : kalau bukan tikus, anjing, ya rakun. Tapi mengingat ukurannya yang bisa dikatakan sebesar anjing, maka kecil kemungkinan bahwa hewan tersebut adalah tikus bahkan anjing jenis kecilpun, karena terlalu besar untuk ukuran tikus perkotaan. Hewan yang serupa tikus dan merupakan jenis rodent terbesar didunia saja hidup di Afrika (Capybara). 

Dua ekor Capybara sedang merumput. Nampak disebelah kiri terdapat seekor reptil. 




Ahli Zoology telah menjawab misteri Monster dari Manhattan. 
Sebuah penelitian lebih lanjut telah dikemukakan oleh Ketua Departemen Zoologi di Weber State University, Dr Sam Zeveloff. Ia mengaku, ia bersama rekan-rekannya telah mengidentifikasikan apa sebenarnya monster dari Manhattan itu. 


"Beberapa dari kita di sini berpikir bahwa itu adalah rakun dari giginya yang terlihat dan yang paling menyerupai rakun. Begitu juga jari-jarinya," tulisnya dalam email. 

Pernyataan dari tim Departemen Zoologi Weber State nampaknya ada benarnya. Bila kita melihat dengan seksama jari-jari Manhattan Monster, nampak jelas bahwa ada kemiripan yang sangat dengan jari-jari rakun. Perhatikan gambar dibawah ini yang saya dapat dari Bussiness Insider dimana gambar kaki rakun ada di gambar paling bawah: 






Berikut adalah kumpulan gambar-gambar bangkai rakun yang saya kumpulkan untuk digunakan sebagai perbandingan apakah Manhattan Monster sebenarnya adalah rakun atau bukan:








Gambar di bawah ini adalah rekonstruksi andaikan Montauk Monster juga merupakan bangkai rakun yang saya dapat dari sebuah artikel menarik disini


Jika benar bahwa Monster dari Manhattan adalah seekor rakun yang bernasib sial tengah tenggelam di East River, maka ukurannnya yang besar itu jelas karena hewan tersebut sudah lama berada terbawa arus air. 

Lalu bagaimana dengan kemungkinannya dengan anjing?

Saya pribadi sudah yakin benar bahwa itu Rakun yang sedang sial nasibnya. Jadi saya merasa tidak perlu untuk mencari kemungkinan bahwa bangkai tersebut adalah anjing. Hal yang menjadi acuan saya adalah bentuk kaki dan telapak kakinya. Memang susah membedakan mana rakun dan anjing apabila kita melihatnya dari sisi tengkorak. Tapi jika dilihat dari telapak kaki, jelas terlihat bedanya. Pembaca bisa membandingkan telapak kaki Manhattan Monster dengan mengetik di kotak search Google dengan keyword "dog feet", maka Anda akan melihat perbandingan yang signifikan. 

Namun, jika ada kemungkinan lain tentang identitas Monster dari Manhattan, tentu saya akan mengupdate berita ini secepatnya. 

Tapi ada satu hal yang mengganjal dari pikiran saya tentang foto Monster Manhattan itu. Bukan bermaksud mengatakan bahwa foto itu adalah hoax. Saya rasa jelas bukan hoax. Jika pembaca amati, maka kalian akan mendapati beberapa lalat menempel pada bangkai tersebut. 

Hal yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana bisa bangkai tersebut berada di belakang sesuatu yang semacam kayu yang begitu panjang dan jauh dari air sungai seperti yang ada di foto dibawah ini: 


Well, mungkin hanya pikiran bodoh saya. Haha.

Have a nice day. 


sumber : business insider East River Monster Picture

5 komentar:

  1. Ketinggian air pasang malam mendukung untuk melemparkan bangkai dari air.

    BalasHapus
  2. Capybara bukanya hewaqn yang hidup di amazon atau amerika selatan coba di cek apakah binatang ini dari afrika seperti artikel diatas

    BalasHapus
  3. kayaknya ada yg harus diralat capybara adalah binatang dari amerika selatan atau afrika mana yang benar

    BalasHapus
  4. kembarannya babi mungkin, masih sodaraan sama babi gitu maksudnya.. :P

    BalasHapus

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.