Friday, 14 November 2014

Mengenal Lebih Jauh Cyclopia

Beberapa tahun yang lalu, saya mendapati sebuah berita dari internet tentang kemunculan bayi bermata satu yang kemudian oleh penulisnya dikait-kaitkan oleh makhluk legendaris bernama Dajjal. Karena saya tidak mau langsung menerima pemberitaan dari internet begitu saja, lantas saya mencari kebenaran dari berita tersebut. Berbagai informasi saya dapatkan perihal fenomenabayi bermata satu tersebut. Mulai dari disangkutpautkannya dengan hal-hal seputar religi, hingga masalah kelainan genetika. Hingga akhirnya, tahulah saya apa yang sebenarnya yang menyebabkan bayi tersebut memiliki mata satu dan tepat di tengah.  seolah bayi tersebut memiliki deskripsi yang mirip dengan ciri-ciri sesosok Dajjal pada yang sering diberitakan.



Jelas bahwa bayi tersebut memang menderita sebuah kelainan fisik. Awalnya saya enggan menuliskannya di blog karena saya pikir masyarakat pasti tahu bahwa bayi tersebut bukanlah sosok atau bahkan jelmaan dari dia yang akan datang menjelang hari kiamat datang menurut ajaran Islam. Tapi, baru-baru ini, berita tentang keterkaitan Dajjal dengan kelainan fisik pada bayi yang menyebabkannya memiliki satu mata di kepala, kembali mencuat di dunia maya.

Maka, saya ingin memberitahukannya kepada kalian yang belum tahu. 

Diberitakan melalui sosial media, seorang bayi bermata satu telah lahir. Tempat kelahirannya-pun bukan sembarang tempat, melainkan Israel. Seperti halnya yang kita tahu, masyarakat Indonesia ketika membaca atau mendengar sebuah berita tentang Israel, pasti menjurus hal yang buruk. Apalagi, jika pada pemberitaan bayi tersebut ada embel-embel Dajjal. Well, seolah kebab di depan mata tiada artinya ketimbang hot nya berita macam begitu. Berikut adalah berita yang saya maksud, yang saya copas langsung dari sumbernya:

Seorang bayi telah dilahirkan di israel yang mukanya mirip seperti dajjal, Allah (s.w.t) telah berkata di dalam al-Qur’an bahawa seorang bayi yang kelihatan seperti dajjal akan dilahirkan di israel dan itu adalah petanda hari perhitungan. Telah dinyatakan juga di dalam al-Qur’an bahawa tanda ini adalah sebahagian daripada tanda-tanda sebelum berlakunya hari pembalasan. Oleh itu, para muslimin dan muslimat seharusnya sudah mula berubah dan menunaikan solat. Kamu tidak akan pernah tahu bila hari kiamat itu akan berlaku. ‪#‎Bebaskan Palestin*menunggu* tanda-tanda Kiamat…..
-Homoseksual
-Manusia memburuk-burukkan keturunan (atuk nenek) orang lain.
-Pakaian yang mempamerkan hampir seluruh anggota badan
-Tiada lagi bintang di langit
-Manusia hilang
-Bangunan tinggi
-Kemunculan Imam Mahdi
-kemunculan Dajjal
-Turunnya Nabi Isa (A.S)…
-Kemunculan Yajooj Majooj..
-Terbitnya matahari dari barat; dimana pintu keampunan akan ditutup
-Dab’bat al-Ard akan muncul dari tanah dan akan memberi tanda kepada Muslim yang sebenar.
-Kabus selama 40 hari.. yang akan membunuh orang yg benar2 percaya pada Allah agar mereka tidak lagi perlu menyaksikan tanda-tanda lain. -Sebuah kebakaran yang besar (dahsyat)…akan menyebabkan kehancuran (kucar kacir)
-Kehancuran/kerosakkan Kaabah
-Hilangnya tulisan di dalam al-Qur’an.
-Sangkakala ditiup buat kali pertama; semua haiwan dan orang kafir akan mati dan semua gunung dan bangunan akan musnah.
-Sangkakala ditiup buat kali kedua; semua ciptaan Allah akan mati dan akan dihimpunkan di padang Arafat untuk dihisab.
-Matahari akan menghampiri bumi…
Nabi Muhammad S.A.W. berkata,
‘Siapa sahaja yang menyebarkan berita ini kepada orang lain, akan aku tempatkan dia di dalam Jannah pada hari pembalasan….

Mari kita lihat jika syaitan menghentikannya (mungkin bermaksud = menghentikan penyebaran mesej ini).


Entah ya kenapa tiap kali saya baca postingan dari negara tetangga, saya selalu teringat lagu yang liriknya: Manis di bibir. Memutar kata. Malah kau tuduh akulah segala penyebabnya. 

Baiklah, kita kembali ke pembahasan. Postingan tersebut berasal dari sebuah akun Facebook milik Abie Raez. Dan sialnya, akun ini sudah tidak bisa saya lacak lagi

 49.000an shares. Gigaholy shit.

Sejatinya, apa yang terjadi pada wajah bayi tersebut adalah sebuah penyakit yang disebut Cyclopia. Mungkin bagi yang sudah tahu, kalian pasti tidak akan terpengaruh dengan postingan dari Abie Raez, dan langsung menyadarnya bahwa bayi tersebut mengalami Cyclopia. Tapi bagi kalian yang belum tahu Cyclopia itu apa, biar saya jelaskan dari beberapa web kesehatan yang saya temukan. 

Cyclopia adalah kelainan yang terjadi pada kepala (Holoprosencephaly), dimana bagian otak paling depan tidak tumbuh dengan sempurna untuk membentuk otak menjadi dua bagian (hemisphere). Ketika otak depan pada embrio tidak terbentuk dengan sempurna, maka tidak sempurnalah wajah sang bayi tersebut. Pada kasus Cyclopia, mata sang bayi tidak tumbuh dengan sempurna atau bahkan dua mata menjadi satu mata saja. Biasanya diikuti pula oleh ketiadaan hidung pada bayi. Atau hidung terletak di atas mata, bukan di bawah mata seperti bayi normal pada umumnya. Dan seperti namanya, nama cyclopia berasal dari legenda Cyclop dari Yunani.   

Bayi yang menderita Cyclopia ini akan susah untuk bertahan hidup yang diikuti ketidak-sempurnaan bentuk jantung pula. Tidak heran jika kita tidak pernah atau jarang menemui orang dewasa yang mengalami Cyclopia. Hal itu sudah jelas bahwa sangat jarang bayi yang mengalami Cyclopia akan bertahan lama. 

Tapi pertanyaanya, apakah cyclopia hanya terjadi pada manusia saja?

Berdasarkan sumber-sumber yang saya dapatkan, setidaknya ada lebih dari tiga kasus Cyclopia yang pernah terjadi. Namun untuk mempersingkat tulisan, saya akan memilih kasus-kasus yang memiliki bukti berupa foto. 

  • Pada tanggal 4 Oktober 2012, seekor kucing Bengal memiliki mata satu dan diberinama Cleyed oleh pemilikinya. Namun tak lama kemudian, Cleyed tidak bisa hidup lebih lama lagi. 


  • Pada anggal 28 Desember 2005 di Redmond, Amerika, seekor kucing jenis Ragdoll telah lahir dengan selamat. Namun, berbeda dengan saudaranya yang lain, dia terlahir dengan satu mata yang besar sekali dan tanpa hidung. Nahas bagi Cy—nama si kucing tersebut, dia hanya mampu bertahan satu hari di dunia. Seorang fotografer Associated Press mengaku telah memotret Cy. Foto tersebut sempat diragukan keabsahannya, namun, sebuah sumber menyebutkan bahwa foto tersebut memang asli karena terdapat beberapa saksi yang mengamini keasliannya. 


  • Tahun 2011 adalah tahun yang paling aneh bagi nelayan yang bernama Enrique Lucero Leon saat ia hendak mengambil dusky shark (Carcharhinus obscurus ) yang telah ia tangkap di laut California. Saat ia hendak mengambil hiu tersebut, saat itu pulalah ia mendapati ada sesosok aneh yang berada di samping hiu yang telah ia tangkap. Sosok itu tak lain adalah bayi hiu yang berukuran lima puluh enam sentimeter dengan satu mata besar tepat di tengah kepalanya. Seorang peneliti yang bernama Galván-Magaña beserta parternya, Marcela Bejarano-Álvarez, mendatangi Leon dan meminta ijin darinya untuk meneliti hiu tersebut setelah Cyclop shark diposting oleh seorang pengguna Facebook. Disisi lain, ahli hiu dari Universitas North Florida, Jim Gleitscher, mengatakan bahwa Cyclopia shark sebenarnya bukan hal yang aneh, karena pada kenyataanya, kasus-kasus serupa yang menimpa hiu lainnya juga pernah ditemukan. Hanya saja, untuk kasus cyclopia shark yang ditemukan Leon cukup berbeda dari kasus yang serupa. Menurutnya, tidak ada cyclopia shark yang mampu bertahan di luar rahim sang induk. 


Nah, paling tidak kita sudah tahu bahwa tidakklah mungkin Dajjal berwujud anak kucing ataupun anakkan hiu. Apalagi dia sampai mati dalam waktu singkat setelah dilahirkan.

9 comments:

  1. terima kasih share infonya pak, saya jadi tau tentang penyakit Cyclopia dan sedikit buka tabir tabu kita

    ReplyDelete
  2. saya jadi paham soal penyakit cyclopia

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya........
    menarik dan bermamfaat.......

    ReplyDelete
  4. Nice share.... Dunia maya sungguh cepat membuat kita percaya suatu hal yg belum tentu kebenarannya...!!! KITA harus pintar2 memilih berita yg bermutu dan tidak.

    ReplyDelete
  5. makasih bnayak atas infonya gan..saya jasi tahu tentang penyakit cyclopia gan.

    ReplyDelete
  6. Selain itu, Dajjal yang diberitakan sebenarnya memiliki dua mata, namun yang satu buta.

    Jadi dapat kita lihat, terlalu banyak mispercepsi di ranah maya ini.

    ReplyDelete
  7. Mantep. Ilmu baru. Terimakasih.
    @ycaesario

    ReplyDelete
  8. Mantep. Tambahnilmu baru. Thanks
    @ycaesario

    ReplyDelete

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.