Thursday, 13 April 2017

SCP Foundation Organisasi Periset Makhluk-Makhluk Misterius

Setelah lama hiatus, akhirnya saya memutuskan untuk menulis blog lagi. Sebenarnya gerah juga hiatus sejak 2014. Tangan ini rasanya sudah tidak sabar untuk menulis. Tapi sejak artikel saya tentang Maria Orsic dan Vril Society ternyata di-copas orang tanpa mencantumkan alamat blog ini di bukunya, saya jadi enggan menulis. Karena ke engganan saya menulis, terhitung pada tahun 2014, saya hanya menulis dua artikel. Setahun sebelumnya, saya hanya menulis satu. Total artikel yang sudah saya buat di blog ini adalah enam puluh.


Barangkali pembaca yang sudah mengenal blog saya sejak lama, sudah memahami kalau tulisan saya adalah bukan hasil copy-paste dari blog atau website lain. Kalaupun saya copas langsung, saya pasti menyertakan refrensi tulisan aslinya darimana dalam bentuk kutipan.  
Sampai sekarang saya tidak habis pikir dengan para penulis yang main copas sana sini tanpa mau menyertakan sumber aslinya. Apa susahnya coba. Bukannya mau dihargai, sih, saya bukan orang yang gila atensi, tapi, menulis dengan hasil pemikiran sendiri, adalah kebangaan yang tidak ternilai. 
Saya hanya ingin para penulis artikel di dunia maya merasakan kebanggan itu. Walaupun mungkin tidak ada yang berkomentar pada artikel, atau malah mengkritik tulisan kita. Itu wajar. Dan kritik itu perlu.

Kembali ke bahan postingan kali ini. 

Kali ini saya akan membahas sebuah organisasi. Bukan organisasi kuno yang sangat misterius memang, tapi saya yakin banyak penikmat misteri yang mungkin tahu soal perkumpulan ini. 

Alasan saya menjadikan mereka sebagai bahan tulisan ini adalah, saya banyak menemui artikel-artikel Indonesia yang membahas tentang mereka. Tapi sayangnya, apa yang mereka bahas hanya sedikit. Terlalu sedikit menurut saya. Sehingga bukannya menjelaskan apa sebenarnya organisasi itu, mereka malah ngglambyar nggak karu-karuan. Padahal, kalau mereka mau membuka sebuah laman pada website organisasi itu, mereka akan tahu fakta utamanya.

Sebagai contoh nih, ketika saya menulis pembuka di artikel ini, saya masih menyempatkan mencari-cari informasi informasi organisasi ini di blog-blog tulisan orang Indonesia. 
Saya baca satu artikel yang menurut saya menyakinkan…
Saya baca…
…saya baca sampai hampir bawah.
…and I did facepalm!

Sejak saat itulah saya memutuskan untuk menuliskan organisasi itu sebagai bahan terakhir postingan saya. Saya tidak mengatakan tulisan ini mengulas semua yang ada di perkumpulan ini. Tidak. Tapi saya bisa pastikan, kalau tulisan ini lebih menjelaskan organisasi ini daripada tulisan-tulisan pada website dan blog Indonesa yang saya baca.

MENGENAL ORGANISASI SCP
ORGANISASI PENYIMPAN MAKHLUK-MAKHLUK MISTERIUS

SCP merupakan kepanjangan dari Secure, Contain dan Protect.
Organisasi ini sifatnya sangat misterius.

Sekalipun mereka menyebut badan ini Yayasan (Foundation), saya lebih suka menyebutnya sebagai organisasi. Simpel saja benernya, biar mereka kelihatan lebih keren daripada disebut yayasan.

SCP adalah organisasi diluar yuridiksi. Bekerja untuk negara-negara besar dimana tugas mereka adalah mengamankan benda-benda misterius, entitas aneh, dan fenomena-fenoma misterius yang tersebar di seluruh dunia. Tujuan mereka mulia: menjaga anomali-anomali tersebut dari manusia, supaya masyarakat mampu melanjutkan kegiatan-kegiatan mereka dengan normal, tanpa perlu dihantui oleh keberadaan yang misterius dan ekstradimensional itu.


Lambang organisasi SCP


Lanjut mengenai SCP, organisasi ini mempunyai tiga misi utama;

  • SECURE: 
Organisasi ini mengamankan anomali-anomali tersebut dari tangan masyarakat sipil atau organisasi rival melalui pengamatan yang luas.
  • CONTAIN: 
Mencegah pengaruh atau efek dari penyebaran anomali, dengan cara memindahkan anomali (makhluk aneh), menyembunyikannya, menekan atau mencegah masyarakat untuk mengetahui keberadaan mereka, dan
  • PROTECT
Melindungi manusia dari makhluk-makhluk aneh atau anomali misterus,  atau menghancurkan para makhluk atau anomali aneh sebagai tindakan terakhir bilaman diperlukan. 

Sebagai organisasi besar, mereka mempunyai banyak sekali hal yang bisa dikupas. Namun, saya tidak akan menjelaskan semuanya, tapi hanya pada poin-poin yang saya anggap menarik.
Jangan khawatir, artikel ini tidaklah pendek. Berikut adalah beberapa hal penting yang saya dapat.

Sebagai catatan, organisasi ini menamai makhluk-makhluk aneh dan para-anomali dengan sebutan SCP yang diikuti dengan angka. Sebagai contoh salah satu SCP yang akan saya bahas di sini nanti adalah SCP-169.

Sebagai organisasi besar karantina para makhluk aneh dan anomali misterius, mereka mempunyai beberapa kelas dimana kelas tersebut terdiri dari beberapa kriteria didalamnya. 
  1. Kelas Utama (Primary Classes)
Kelas utama ini terbagi menjadi tiga jenis makhluk hidup yang telah "diperlakukan" oleh SCP.
  • Safe Class: Adalah anomali yang sudah ditinjau dengan baik, sehingga mereka tidak akan menyakiti manusia atau memiliki dampak buruk, kecuali jika mereka diaktifkan. Contoh SCP dengan safe class bisa kalian lihat di Youtube dengan mengetik SCP-1981. Kalian bisa melihat ulasannya di sini.
  •   Euclid: Kelas dimana suatu etnitas mampu berpikir dan berperilaku namun tidak berbahaya. Contoh SCP macam ini adalah SCP-173 dan SCP-049. Pada jenis SCP-895, kalian bisa melihat penampakannya di sini.  Perhatikan video di sisi kanan dengan seksama pada SCP-895


SCP 173 pada sebuah ruang kontainer tertutup

SCP 049


  • Keter: Kelas ini adalah yang paling berbahaya dari ketiga kelas yang lain. Makhluk atau para anomali yang ada di kelas ini mampu membuat ancaman fatal pada organisasi ini sendiri maupun umat manusia. SCP Foundation tidak main-main dalam mengani para kelas Keter. Mereka menyertakan tenaga yang handal dan sangat teruji untuk menangani para "tahanan" ini. Salah satu contoh SCP Keter adalah: 
SCP-019-2



Beberapa contoh SCP lainnya:

  • SCP-106: The Oldman

SCP-106 berwujud pria tua berwajah mengerikan dan mempunyai kemampuan bersembunyi yang baik. Makhluk ini mampu memanjat dinding sambil menunggu mangsanya seperti laba-laba. Dikelompokkan sebagai salah satu SCP yang sangat berbahaya.
  • SCP-1810



SCP-1810 disebut juga Mr. Pierrot. Berwujud pria dengan tinggi 3 m dan berat sekitar 81 kg. Tempat tinggal makhluk ini di desain seperti tempat rekreasi, mainan-mainan anak, buku-buku. Pemberian makan makhluk ini pun tiga kali sehari dengan dibubuhi zat-zat anti depresant di dalamnya. SCP-1810 termasuk yang paling ramah. Senang bergaul dengan para staff SCP Foundation dan siapapun yang berkomunikasi dengannya akan mampu berbahasa Perancis sedikit-sedikit. Foto diatas diambil pada tahun 1932 di salah satu sudut jalan Paris, Prancis.
Jumlah SCP pada SCP Foundation mencapai ribuan. Proses ditemukannya mereka pun bermacam-macam. Tapi dari semua makhluk yang telah mereka temukan, saya menemukan satu SCP yang paling banyak dibahas di artikel-artikel tulisan orang Indonesia.

SCP-169 LEVIATHAN
Memiliki ukuran luar biasa besar, yaitu 2000 km x 8000 km, amat sangat mustahil SCP Foundation atau organisasi manapun di belahan dunia mampu menampungnya. Pertama kali hewan ini terdeteksi oleh pasukan khusus SCP Foundation yang bernama Mobile Task Force Gamma-6 pada saat menyelidiki mitos dari makhluk laut raksasa yang disebut Leviathan. Tanggal, waktu dan tempat dideteksi Leviathan ini pertama kali tidak disebutkan. Hanya saja diceritakan bahwa sebuah kapal antar benua yang mengangkut misi penyelidikan Leviathan, menemukan ada sebuah lapisan yang mirip lempengan batu, menutupi sebuah wujud organisme yang teramat besar. Awal mulanya, kapal yang mengemban misi pencarian Leviathan ini mendapatkan informasi adanya pergerakan sebuah dataran sejauh 3 kilometer dari tempat asalnya.

SCP-169 Leviathan ini diduga berbentuk arthropoda yang berukuran raksasa. Adanya gempa yang terjadi setiap tiga bulan sekali di lokasi SCP-169 ini terdeteksi, diperkirakan berasal dari SCP-169 yang sedang bernafas.

Coba kalian bayangkan, betapa ngerinya makhluk ini. Semisal saja kalian melakukan perjalanan dari ujung Jawa Timur hingga ke ujung Jawa Barat, dan diketahui luas seluruh pulau Jawa adalah 126.700 km persegi, maka SCP-169 ini memiliki luas (rumus luas sederhana, p x l) 16.000.000 km persegi.

Saya akan membantu pembaca untuk bisa "mengkhayalkan" arthropoda mana yang sesuai dengan ilustrasi SCP-169 di atas.

  • Horseshoe crab atau belangkas. Makhluk ini berukuran normal sekepalan tangan manusia, dengan ukuran betina yang lebih besar ketimbang jantan. 




Walaupun ada juga yang berukuran seperti ini:

Seorang gadis yang bernama Maxine Griffin dengan belangkas yang terdampar di Naples Beach 2010 silam. 
  • Sea Scorpion atau kalajengking laut. Makhluk ini bisa berukuran hampir sepinggang orang dewasa. 




.


Gambar diatas adalah ilustrasi yang terkenal dari seluruh ilustrasi SCP-169 Leviathan

Sungguh mengesankan organisasi ini, lihat saja beberapa contoh makhluk aneh lainnya yang bisa ditangkap oleh mereka:

SCP-924 pada sebuah tangki es khusus dengan air asin

SCP-280 yang kehilangan kohesi fisik ketika ditangkap

Sosok dari SCP-701-1

SCP-682 yang tertangkap lagi setelah sebelumnya melarikan diri. Sedang dalam tahap penyembuhan akibat senyawa kimia.


Diantara kalian, mungkin ada yang berandai-andai:
  1. Dunia itu sungguh luas
  2. Banyak misteri yang belum terungkap, dan
  3. Organisasi ini hebat banget! 


Saya akui mereka sungguh hebat. 

Hebat dalam membuat cerita fiktif. 

Ya, SCP Foundation adalah organisasi fiktif, yang mencomot berbagai gambar editan, foto bangkai ikan, foto asli yang di crop, foto taman hiburan yang sudah nggak laku, foto sebuah guci, dan masih banyak foto lainnya yang mereka comot sebagai wujud SCP.

Berikut adalah pengakuan yang mereka buat tentang keabsahan artikel mereka. Bisa juga dibaca disini


Masih nggak percaya?

Noh!



Tidak mengerti artinya? Saya bantu terjemahin

Pertanyaan: Apakah SCP itu nyata?

Jawaban: Tidak. Kami adalah penulis kreatif di website. Segala makhluk SCP adalah fiksi. Organisasi ini juga fiksi.

Pertanyaan: Saya melihat sebuah SCP! (atau) Saya merasa saya adalah wujud SCP! Apa yang harus saya lakukan?

Jawaban: Tidak. Kamu bukanlah SCP. SCP adalah cerita-cerita fiksi yang kami tulis. Dan kami bukanlah sebuah situs roleplaying. (Roleplaying: pura-pura menjadi sosok tertentu atau figur artis)

Saya pribadi, tidak puas dengan jawaban resmi situs tersebut. Karena saya tahu, manusia itu punya satu sifat yang sama: ngeyel. 

So, saya pikir, sekalipun sudah ada pernyataan resmi dari situs tersebut, pasti masih banyak orang yang tidak percaya dan beranggapan:

"Ya, mereka ngomong gitu soalnya biar nggak ketahuan pemerintah! Supaya kita nggak kepikiran ada makhluk seperti itu dan kita merasa aman!"  


Well, kalau sudah berpikir begitu ya saya tidak bisa memaksa. Tapi saya akan tetap menjelaskan SCP Foundation ini dengan sejelas apa yang saya bisa. 

SEJARAH SCP FOUNDATION
Berawal dari serial SCP, terutama tentang SCP-173 di 4chan di tahun 2007, versi Wiki dari SCP ini mulai dibentuk setahun kemudian. SCP Wiki ini pun berada dalam kategori EdiThisWiki. 

Apa itu 4chan?
Bagi yang belum tahu, 4chan adalah situs buletin sederhana dimana orang bisa menulis, berkomentar dan berbagi foto tanpa perlu daftar untuk melakukan itu semua.

Dan apa itu EdiThisWiki?

Adalah sebuah situs kolaboratif dimana para pengguna bisa mengedit konten dan having fun dengan situs tersebut.

Sejak menjadi wiki pada 2008, situs ini (SCP) telah menulis banyak artikel tentang SCP series. Sejak berubah lagi menjadi Wiki dot, terhitung sudah 3000 lebih artikel SCP series yang mereka buat.

Sudah tahu hanya situs having fun, lantas kenapa berita-berita SCP Foundation begitu memikat?

Karena kesadaran para penulis blog, youtuber, dan sebagainya, untuk menulis berita dengan lengkap mungkin masih kurang. Atau...mungkin mereka memang sengaja begitu.

Selain itu, gaya kepenulisan SCP Foundation ini memang unik, memancing orang-orang untuk yakin. Begitu detail, begitu menyerupai sebuah laporan yang sengaja ditutup-tutupi dan begitu mempesona imajinasi. Saya beri contoh salah satu artikel di SCP Foundation:


Pada SS di atas, kalian bisa melihat tulisan-tulisan yang diblok. Itu bukan dirahasiakan supaya tidak diketahui orang, tapi memang gaya menulis mereka begitu. Sekali lagi, hal itu dilakukan bukan lantaran menjaga kerahasiaan atau alasan serius lainnya, tapi karena memang gaya menulis mereka seperti itu. 

Darimana mereka mendapatkan foto-foto tentang makhluk-makhluk aneh itu?
Darimana saja! Bisa saja dari keluarga baik-baik (pada kalimat ini saya cuma bercanda).

Saya akan ungkap beberapa foto-foto SCP ini darimana saja. 
  • SCP-173



Wujud makhluk SCP-173 berjudul asli "Untitled 2004" ini adalah benda hasil karya Izumi Kato untuk pameran SCAI The Bath House pada tahun 2005, dan difoto oleh Keisuke Yamamoto. Silahkan kunjungi situs izumikato.com dan scaithebathhouse.com untuk membuktikan.

 Untitled 2004 yang terbuat dari kayu, akrilik, charcoal berdimensi 205x56x52 cm

  • SCP-1810



Terus terang agak susah menemukan foto asli Mr. Pierrot ini. Tapi sebuah situs yang mencantumkan foto ini sebagai salah satu foto dari 26 foto jadul yang aneh. Silahkan lihat foto tersebut di sini. Adapun foto tersebut juga bisa dtemukan pada Pinterest seseorang dengan nama album Carnival. 

Pendapat saya pribadi, figur tinggi tersebut memang orang pada sebuah karnaval. Coba perhatikan pada bagian kaki. 


Sudah menemukan yang aneh?

Jika belum, saya perjelas. 


Pada bagian yang dilingkari, Anda tidak menemukan "kakinya". Tapi pada bagian kaki yang depan dengan lingkaran merah tipis, Anda akan melihat sebuah penyangga kaki. Dengan kata lain, figur hitam ini adalah seseorang yang menaiki semacam kaki palsu panjang. Kira-kira begini ilustrasi yang saya buat. 

Beberapa manusia-manusia tinggi dengan engrang (stiltswalker) pada karnaval jadul






  • SCP-682


Suka atau tidak suka dengan kenyataannya, foto diatas adalah bangkai seekor ikan yang kemungkinan besar adalah paus beluga di Rusia. Silahkan baca artikel yang pernah memuat foto tersebut di sini. Foto tersebut juga pernah diduga sebagai Plesiosaurus. Sebagai catatan tambahan, silahkan Googling mengenai "globster".


  • SCP-169 "Leviathan"



Gambar diatas tentu saja ilustasi. Saya pribadi, tidak menemukan penjelasan dari website yang mengatakan kabar ini adalah palsu...apalagi nyata. Tapi sebagai manusia, kita tentu punya nalar untuk berpikir, dan itulah yang saya gunakan.

Jika kalian membaca postingan di awal, kalian pasti tahu kalau saya sampai tepok jidat membaca informasi mengenai SCP yang ditulis kebanyakan orang Indonesia. Dan inilah, SCP-169 yang membuat saya tepok jidat.

Ada sebuah video Youtube yang mengulas SCP-169 dan mengaitkannya dengan Flat Earth. Silahkan kalian di sini. Youtubernya orang Indonesia. Saya tidak menyalahkan Youtubernya. Barangkali dia tidak tahu juga kalau SCP Foundation itu fiktif, sehingga apapun yang ditulis oleh mereka tidaklah nyata. Barangkali Youtuber tersebut kemakan berita yang tidak jelas, sehingga logika dalam video itu tidak jelas. Pada video itu disebutkan kalau makhluk tersebut masih isu, tapi pada beberapa bagian di video itu, seolah-olah SCP-169 memang ada. Padahal SCP Foundation adalah fiktif.

Berikut adalah 5 poin yang saya tulis tentang SCP-169:

  1. Jika SCP Foundation itu fiktif, maka segala yang mereka tulis adalah fiktif. 
  2. Jika SCP-169 ini nyata, tidakkah para pemerintah di dunia ini sudah mengetahui hal itu? Tidakkah peneliti indepen diluar sana, dengan seabrek alat-alat canggih mendeteksi keberadaannya yang memiliki ukuran ultra besar (2000 x 8000 km)?
  3. SCP-169 ini bernafas tiga bulan, dan tiap tiga bulan itu terjadi gempa. Apakah mungkin ada makhluk yang demikian?
  4. Setiap makhluk tidak mungkin ada secara individu atau tanpa pasangan. Kamu mungkin jomblo selamanya, tapi sekalipun manusia jomblo selamanya dia adalah hasil keturunan. Jika SCP-169 ini ada, dimanakah keturuanannya yang lain? Bagaimana rupa kotorannya?
  5. Jika masih ada yang bersikeras SCP-169 ini memang ada, ingatlah point nomer 1. 


Begitu fenomenalnya SCP Foundation ini, sampai-sampai sebuah website membuatkan versi gamenya. Apa yang ada di dalam game tersebut kurang lebih, kalian berperan sebagai orang yang dijadikan bahan percobaan bagi para SCP tersebut. Silahkan kunjungi scpcbgame,com untuk berkunjung ke website tersebut dan menguji nyali kalian.

Kesimpulan:
Well, kesimpulan mengenai SCP Foundation menurut saya adalah, organisasi ini membuat artikel yang sekedar having fun. Sekalipun mereka beranggapan bukan roleplaying, tapi bagi saya pribadi, mereka mendekati roleplaying sebagai peneliti, sebagai korban, dan sebagai apapun yang berkaitan dengan SCP ini.

SCP Foundation ini menimbulkan dua efek:
Negatif: Banyak penulis blog atau artikel masih terjebak dengan keaslian konten website SCP Foundation. Kebanyakan mereka menulis dan menerjemahkan via Google Translate lalu di copas langsung jedeerrr ke blog atau artikel mereka untuk meraup viewer atau subscriber. Efeknya lagi, banyak yang beranggapan bahwa mereka ini nyata. Kasihanilah anak-anak kecil yang punya rasa tahu yang tinggi dan mampu mengakses internet. Mereka bisa parno sendiri.

Positif: Pada efek ini, SCP Foundation bisa membantu para penulis novel misteri atau artikel misteri (fiktif tentunya) dalam membangun imajinasi atau menciptakan tokoh khayalan bagi karya mereka.


Pemilihan SCP Foundation sebagai bahan terakhir blog ini adalah, banyakanya kesalahan anggapan tentang organisasi ini. Saya hanya ingin membantu meluruskan saja. Tapi dalam hati saya salut, saya salut dengan konten website tersebut yang mampu menciptakan sampai 3000an SCP. Sungguh torehan yang luar biasa. Imajinasi yang luas.

sumber:
SCP Foundation
Know your meme
4chan.org

Sumber lainnya sudah saya cantumkan pada link-link di artikel ini.

Penutup
Saya bingung sebenarnya untuk membuat paragraf penutup. Saya hanya bisa berterimakasih kepada pembaca blog saya yang sudah memberikan komentar yang bagus-bagus maupun mengkritik tulisan saya. Semua itu sangat-sangat membantu.

Sungguh saya tidak menyangka, bahwa saya yang dulunya adalah anak kecil yang suka dengan cerita-cerita misteri, cryptozoologi, UFO, fenomena-fenomena aneh, akhirnya ketika dewasa menjelma menjadi penulis blog yang malah mengulas artikel-artikel yang demikian.

Andainya saya tidak membaca Blog Misteri Enigma pada tahun 2009 dulu, mungkin blog Phenomena tidak akan pernah ada. Dan selamanya saya hanya menjadi pembaca, tidak pernah menjadi penulis blog misteri.

He is a good-senpai, dan tidak ada penulis blog misteri seperti dia. Enigma tidak pernah bisa dibandingkan dengan siapapun yang ada di Indonesia. Sekali lagi, saya berterimakasih atas inspirasinya.

Terimakasih sudah membaca artikel terakhir ini. Akhirnya saya ucapkan, Blog Misteri Phenomena ini resmi saya tutup.


Sampai jumpa pada versi websitenya. 

8 comments:

  1. Mungkin ada beberapa yg asli, walau kebanyakan hoax..., masih ngeyel, hahaha

    ReplyDelete
  2. akhirnya bang reza nulis lagi, ga make sense makhluk sebesar scp 169 tapi ga ada dokumentasi aslinya, bahkan harusnya kapal yg setiap saat melewati "tempat tinggalnya" itu bisa merasakannya. Mungkin yg buat berita satu almamater dengan WWN atau onion

    ReplyDelete
  3. Jadi, kapan versi websitenya release kak? Hehe

    ReplyDelete
  4. hmmm, ternyata ga bnr2 berhenti ngeblog toh, mau diganti website gitu? okelah kalo begitu... sayang bgt kalo berhenti sob... lanjutkan nulis sob.. ditunggu websitenya..

    BTW, saya ga begitu tertarik sama SCP tuh... melihatnya aja udh pasti bgt kalo itu cm fiksi. It's OK, dunia ini memang luas kok, byk yg fiktif tp sebenarnya nyata. juga byk yg nyata, tp sebenarnya fiktif. Biarkan pikiran dan hati kita yg menentukannya.

    Dan soal copas mengcopas, sampe kpn pun ga akan pernah bs dihilangkan. Yg jls artikel ori akan tetap menjadi artikel ori. Mesin pencarian jg tau mana yg ori dan bukan. Ga ush dipikirin, nikmatin aja. Kalo kesel, sama saya jg sering ngrasain. hehe... :D tp senyumin ajalah...

    ^_^

    ReplyDelete
  5. Kelihatannya seperti viral marketing untuk game ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, SCP Foundation dulu baru gamenya.

      Delete
  6. ahaha, sama saya juga jadi nulis blog misteri gara-gara Mr.E. Dan ada juga beberapa artikel yang saya copas dari blog ini (tentu saja dengan mencantumkan sumber).

    kalau begitu salam kenal dan ditunggu versi websitenya

    ReplyDelete
  7. Ditunggu gan websitenya. Semoga websitenya nanti jadi pemicu penulis dan blog misteri lain yang vakum buat balik nulis lagi gan.

    Jadi inget, taun 2010an rela tiap hari minggu ke warnet cuma buat baca tulisan enigma trus hawkson, dan yang lainnya.

    Suatu kehormatan bagi saya buat baca tulisan kalian semua.

    Terima kasih

    ReplyDelete

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.