Friday, 5 November 2010

Champ - Makhluk Misterius dari Danau Champlain

Danau Champlain, adalah danau yang terletak di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Juga, danau tersebut terletak di lembah Danau Champlain. Sepintas memang tidak ada yang spesial selain panorama danau yang mempunyai keindahan yang khas. Tapi, jauh di kedalaman sana, terdapat legenda tentang makhluk misterius yang dijuluki Champ. Pembaca, perkenalkanlah Champ, sang penunggu Danau Champlain.

Sebelum kita beralih ke pembahasan yang lebih dalam, terlebih dahulu akan saya informasikan sesuatu. Jika kita membaca ulasan mengenai para makhluk misterius atau dengan kata lain "kriptid" misterius penunggu danau di beberapa danau dunia, selalu diberi nama yang jauh dari kesan seram. Hal itu semata-mata untuk menjauhkan "image" seram pada makhluk tersebut. Seperti halnya legenda kriptid penunggu danau Loch Ness yang disebut Nessie, dan juga makhluk kriptid penunggu danau Champlan, yang dijuluki Champ atau Champy. Demikian pula dengan Ogopogo, makhluk kriptid penunggu danau Okanagan di Kanada. Sekalipun Ogopogo memiliki arti Iblis Danau, tapi kok rasanya lebih nyaman menyerukan "Hey aku melihat Ogopogo!" daripada menyerukan "Hey aku melihat Iblis Danau!"

Nah kita kembali pada kasus Champ dari danau Champlan. Penampakkan pertama makhluk tersebut terjadi pada tahun 1883. Seorang Sheriff yang bernama Nathan H. Mooney mengaku telah melihat makhluk tersebut. Apa yang dilihat oleh Mooney adalah seekor "ular" raksasa dengan panjang sekitar 7 meter atau 9 meteran dari jarak sekitar 50 yard. Dimana kata "ular" yang saya sebutkan tadi berasal dari kata "serpent" yang bisa juga berarti naga, bukan terjemahan dari kata "snake". 

Sheriff Mooney mengaku karena begitu dekatnya ia dengan si monster, ia bahkan mampu melihat bintik-bintik putih di mulutnya, walaupun entah apa itu. Kalaupun hanyalah sariawan, maka makhluk itu memang sedang sial ketika dilihat orang.

Para warga yang penasaran dengan pengamatan yang dilakukan Sheriff Mooney pun seketika itu juga melihat hal yang sama: makhluk misterius dengan panjang antara 7 hingga 9 meteran. Tentu saja, hal itu pula dibarengi dengan perbedaan pengintrepretasian tiap orang. 

Champ menjadi semakin populer setelah Phyneas Taylor Barnum, seorang pebisnis dan enternainer berkebangsaan Amerika, mengusulkan perburuan Champ dengan hadiah sebesar $50.000.

Phyneas Taylor Barnum

Penampakkan yang paling terkenal dari sejarah kemunculan Champ hingga saat ini, mungkin adalah penampakkan yang dialami oleh Sandra Mansi pada tahun 1977, dan Dick Affolter beserta anak angkatnya Pete Bodette pada tahun 2005.


Mari kita mulai pembahasan singkat mengenai foto Sandra Mansi pada tahun 1977


Tempat foto tersebut diambil dari danau yang diperkirakan mempunyai kedalaman sekitar 4.3 meter. Pada foto tersebut terlihat makhluk yang mirip dengan perwujudan Plesiosarus. Namun, ada pendapat yang mengatakan bahwa perwujudan pada foto Sandra Mensi tersebut "bisa" saja hanyalah log pohon, badan pohon, atau ranting pohon yang membusuk dan dipenuhi oleh gas sehingga mampu mengampung.

Nah, beda lagi dengan bukti yang disodorkan oleh Dick Affolter dan Pete Bodette. Bukti yang didapatkan dua nelayan tersebut berupa rekaman video. Tapi tidak sembarang rekaman video lho. Agen FBI yang menganalisa video ini pun mengiyakan keaslian video tersebut. Jadi video Champ yang direkam oleh Dick Affolter dan Pete Bodette tersebut saya anggap asli.

Berikut adalah videonya

video

Pada video tersebut kita bisa melihat sesosok makhluk yang muncul dari rekaman video. Entah kepala atau ekor, saya lebih condong melihat hal tersebut sebagai kepala dari makhluk misterius tersebut.



Pertanyaan berikutnya akan menjadi pembahasan yang lebih menarik lagi:

 Champ itu makhluk apa sebenarnya?


Ada beberapa hal yang sering dijadikan acuan dalam memahami apa sebenarnya Champ tersebut. Yang pertama dan yang paling sering dijadikan acuan adalah Plesiosarus.

Kenapa bisa demikian?

Hal itu tidak lepas dari ciri-ciri fisiknya yang berleher panjang. Agaknya mirip dengan spesies Plesiosaurus seperti yang diutarakan oleh wikipedia.

Tapi keluarga Plesiosaurus yang mana?

Kalau saya pribadi lebih condong ke Elasmosaurus; salah satu keluarga Plesiosaur yang berleher panjang, salah satunya adalah Futabasaurus. Tapi itu hanyalah penilaian pribadi saya.


Adapun "kemungkinan" lain dari  Champ sebagai Nothosaurus ataupun Pachypleurosaur

Kerangka Nothosaurus

Pachypleurosaur dari Cina

Beberapa orang percaya bahwa Champ memanglah Plesiosaurus seperti hanya legenda Nessie. Hal itu dilatar belakangi kesamaan antara danau Loch Ness dan Champlain yang memiliki kedalaman sekitar 120m. Lumayan baik untuk perkembang biakkan ikan dalam jumlah yang lumayan serta menjaga makhluk hidup mampu bertahan lebih lama. Selain kedalaman yang hampir sama, kedua danau tersebut juga merupakan hasil dari Gletser yang diikuti dengan berakhirnya Ice Age atau Zaman Es 10.000 tahun yang lalu.

Mungkin pula usia makhluk ini sudah sangat tua. Sebab, jika Champ ternyata ada lebih dari satu atau satu keluarga yang terdiri dari induk jantan dan betina serta anak-anaknya, maka semestinya ada bangkai dari hewan yang paling tua.

Kecuali jika Champ memang hanya satu. Dan sangat sangat tua.

Atau, Champ memang punya keluarga, dan tidak ada satupun yang mati atau belum ada yang mati.

Dan kemungkinan yang paling menjengkelkan ialah, Champ hanyalah dahan pohon yang terpotret, atau jenis ikan yang belum diketahui. 

Well, kita tunggu saja bangkainya mengapung jika tidak ingin repot-repot menangkapnya. Maka kita akan tahu, apakah Champ memang hewan purba, atau memang "serpent" atau kemungkinan terakhir yang menjengkelkan itu.

sumber: wikipedia Champ

Baca juga ulasan mengenai Champ di Blog Enigma, dan ulasan mengenai penjelasan Plesiosaurus Sakhalin Rusia di Blog Phenomena.


4 comments:

  1. Sebenarnya makhluk itu ada di dalam danau, walaupun belum tentu plesiosaurus. Bisa saja ular air, bisa saja sturgeon besar dll. Tapi sayang ya, sudah puluhan tahun masih belum terpecahkan.

    ReplyDelete
  2. Banyak tulisan tdk terbaca (Berwrna hitam)

    ReplyDelete
  3. Menurut saya gambar pada ABC News itu seperti salah satu jenis tanaman air, Cuma saya lupa namanya :).

    BTW, Coba saja kedalaman danau tempat kapal itu mengapung diketahui. Maka presepsi lebih lanjut bisa dikaji lebih dalam.

    ReplyDelete
  4. Menurut saya jika itu bagian kepalanya, kok terlalu kecil ya?Yang membuat saya ndak habis pikir sama makhluk misterius yang hidup di danau itu adalah bagaimana gaya hidup mereka selama ini? Selama puluhan tahun hanya siluet2nya saja yang tampak, tapi makhluk sebenarnya ndak ditemukan..lalu, bagaimana cara makhluk ini merahasiakan keberadaannya selama ini? Jika makhluk itu memang sejenis makhluk purba, bukankah mereka juga perlu bernapas dan keluar dari permukaan air? Lalu, bagaimana mereka bisa keluar tanpa diketahui manusia selama bertahun - tahun? apakah mereka sepintar itu menyembunyikan keberadaan mereka? Mungkin lain lagi ceritanya jika ada semacam gua di bawah danau..Sori bro komennya kepanjangan, hanya penasaran aja dengan misteri makhluk criptid ini :)

    ReplyDelete

Sertakan link back ke blog Phenomena jika ingin mencopy artikel ini. Komentar yang bijaksana akan jauh lebih baik.